Peliput: Amirul

BATAUGA,BP-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton Selatan (Busel) menggelar debat kandidat yang diikuti empat pasang calon (Paslon) bupati dan wakil bupati. Busel yang secara geografis wilayahnya kepulauan maka tema yang diangkat adalah tentang Bagaimana membangun Busel yang harmonis menjadi kabupaten maritim yang tangguh di Indonesia

Dari berbagai pertanyaan yang diajukan panelis melalui moderator Prof La Sara Ph.D, semua kandidat memiliki jawaban tersendiri. Tetapi pada intinya kandidat paslon bupati dan wakil bupati Busel, mulai dari nomor urut satu, dua, tiga dan empat. Semua kandidat tersebut mengemukakan secara umum yang terkandung didalam visi misinya, bakal mengembangkan potensi kemaritiman mulai dari peningkatan sumber daya manusia, sarana dan prasarana, membuat regulasi hingga mengundang investor swasta didalam mengemas potensi kemaritiman di Busel.

Hal lain yang ditanyakan oleh panelis, bahwa diketahui bersama Busel sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) yang berumur dua tahun maka prioritas pembangunan Busel dimulai dari bidang apa. Mulai dari paslon 1, 2,3 dan 4 menjawab pada intinya sama, yakni pembangunan infrastruktur guna mendukung laju perekonomian masyarakat, misalnya membangun jalanan, jembatan, pengadaan jaringan listrik, jaringan air, pembangunan sarana prasana pendidikan, kesehatan dan pembangunan jaringan telekomunikasi terutama di Kecamatan Kadatua yang hingga kini belum tersentuh.

Jalannya debat kandidat cukup alot dan kondusif yang berlangsung mulai dari pukul 09.00 Wita hingga pukul 11.24 Wita di Gedung Lamaindo, Batauga, dan disiarkan langsung oleh RRI Baubau melalui frekuensi 88.0 MH. Sementara panelis yang dihadirkan adalah mantan rektor Universitas Halu Oleo Prof Dr Usman Rianse sekaligus Ketua Tim panelis, dekan fakultas pertanian Universitas Hasanuddin Prof Sumbangan Baja PhD, Dekan fakultas Hukum Universitas Halu Oleo Prof Dr Murjani Kamaludin, asisten direktur paska sarjana Universitas Halu Oleo Prof Djufri Dewa dan ketua program studi antropologi Universitas Hasanuddin Dr Tasrifin Tahara.

Seperti diketahui, ada empat paslon bupati dan wakil bupati yang bakal maju ddalam Pilkada Busel 2017. Yaitu paslon nomor urut 1 Hj Sattar SPd MSi- H Muhammad Yasin Welson Lajaha, dengan partai pengusung partai PAN. Kemudian kandidat nomor urut 2 yakni H Muhammad Faizal, SE, MS-Wa Ode Hasnawati yang diusung melalui partai Nasedem, Hanura, Gerindra, PKB, PKPI, dan PBB. Selanjutnya paslon nomor unrut 3, Agus Feisal Hidayat, S.Sos, MSi-H La Ode Arusani yang di usung oleh Partai Demokrat, Golkar, PKS dan PDIP dan paslon nomor urut 4 Agus Salim SH-La Ode Agus SE melalui jalur independen.

Debat kandidat ini juga hadir dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pj Bupati Buton Selatan (Busel), Wakapolres Buton, Dandim Buton, Ketua DPRD Busel, Panwas Busel, KPU Kota Baubau, para SKPD Busel serta Lo dan simpatisan masing-masing paslon. (*)

Pin It on Pinterest