Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Wakatobi, H Kamalu, menghimbau kepada seluruh unit kerja untuk segera merampungkan berkas laporan permintaan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) disetiap unit kerjanya.

Keterlambatan proses pembayaran gaji untuk PNS disetiap unit kerja khususnya bulan Januari 2017, dikarenakan adanya perubahan nomenklatur, dimana terjadi perubahan struktur kelembagaan serta pejabat didalamnya. Sehingga, dalam proses pembayaran gaji harus mengikuti nomenklatur baru.

“Keterlambatan proses pembayaran gaji ini kan karena adanya perubahan nomeklatur kelembagaan dimana ada perubahan PP Nomor 41 tahun 2009 menjadi PP Nomor 18 Tahun 2016. Karena nomenklatur sudah terbentuk termasuk perangkat didalamnya, maka kewajiban setiap unit kerja yakni melengkapi berkas yang diminta untuk proses pembayaran,” ungkap H Kamalu, di Wangi-Wangi Rabu (18/01).

Lanjutnya, setiap tahun ketika memasuki bulan Januari, proses pembayaran gaji selalu tepat waktu. Namun karena adanya perubahan nomenklatur maka proses itu mengalami hambatan.

“Setiap tahun khususnya dibulan Januari biasanya tanggal 4 itu sudah mulai terbayar. Dan untuk tahun ini secretariat DPRD sudah terbayar karena disana perangkatnya sudah lengkap,” katanya.

Begitu pula anggaran program setiap unit kerja tahun 2017. H Kamalu, menjelaskan bahwa DPA tahun anggaran 2017 tergantung kesiapan setiap unit kerja. “Untuk DPA ini sudah ada beberapa SKPD telah mendapatkan DPA. Sehingga unit kerja yang telah mendapatkan DPA itu sudah membuat laporan permintaan pencairan anggaran sesuai kebutuhan yang tertera dalam program kerja tahun 2017,” tutupnya. (*)

Pin It on Pinterest