Peliput: Alamsyah Pradipta

BAUBAU, BP – Mengenai kenakalan siswa disekolah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olehraga, Drs H Masri Mpd mengimbau semua guru konseling di sekolah agar lebih peka mengetahui permasalahan siswanya disekolah.
“Guru konseling seharusnya tahu permasalahan apa yang sedang dialami siswanya, maka guru konseling harus berperan aktif ditengah permasalahan yang terjadi pada siswa sekarang, agar bisa mencegah masalah dari akarnya,” ungkapnya, senin (05/12).
Lanjut Masri, semua guru konseling harus mengetahui piskologi semua siswanya, karena dikhawatirkan seorang siswa sedang mengalami tekananan yang menyebabkan stres baik itu dari teman, maupun keluarganya.
“Anak-anak ini harus ditahu apakah saat ini dia stres atau lagi ada masalah, sehingga guru konseling harus tahu apa saja permasalahan ini dan juga tahu semua latar belakangnya mengapa dia nakal,” jelasnya.
Setiap sekolah harus mengetahui kegiatan yang dilakukan muridnya, bisa jadi seorang siswa terlambat masuk sekolah karena menghadapi kendala seperti sedang menyelesaikan tugas rumah.
“Sama ada anak-anak dia terlambat masuk sekolah, mungkin dia sedang kerja dirumahnya orang, kasian kalau dimarahi lagi, itu yang tidak boleh salah ditindaki, sehingga disekolah itu ada guru bimbingan konseling yang bekerja,” tutupnya.(#)

Pin It on Pinterest