BAUBAU, BP – Sebagai bentuk kesadaran dalam rangka mencegah penularan Covid-19 di Kota Baubau. Kodim 1413 Buton sigap melakukan sterilisasi di sejumah pelabuhan antar pulau yang ada di Kota Baubau, Minggu (29/03).

Upaya pencegehan yang dilakukan oleh prajurit-prajurit berpakaian loreng itu disikapi baik, juga oleh Komunitas Kreatif Baubau. Keduanya turun bersama melakukan pencegahan.

TNI menyemprot cairan disinfektan disekitar pelabuhan, barang bawaan penumpang, serta kendaraannya. Untuk Komunitas Kreatif Baubau memasang sejumlah pencuci tangan hasil karya sendiri disejumlah titik vital keramaian.

Hal itu dilakukan karena pelabuhan-pelabuhan antar pulau dan sejumlah titik vital keramaian di Baubau itu belum memiliki alat yang memadai untuk memantau kondisi penumpang.

” Jembatan Batu merupakan titik vital penyebrangan Kota Baubau, yang dalam sehari melayani hilir mudik ribuan penumpang, baik dari pulau-pulau terdekat maupun lintas kabupaten, bahkan antar provinsi. Sementara, kendaraan yang akan menyebrang di pelabuhan Fery antar kabupaten dan fasilitas ibadah juga menjadi sasaran utama kita melakukan penyemprotan cairan disinfektan,” ungkap Dandim 1413 Buton Letkol Inf Arif Kurniawan.

Selain pelabuhan antar pulau, lanjut Arif, di kawasan pasar dan titik perekonomian pun menjadi target sasaran, guna melakukan membagikan beberapa fasilitas pencucian tangan.

“Itu buatan anggota Komunitas Kreatif Baubau,” tutupnya. (*)

Peliput: Asmaddin

Pin It on Pinterest