BAUBAU, BP- Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wakonti mencatat, di tahun ini ada dua kasus kayu ilegal yang dalam tahapan proses kepolisian. Selain itu terdapat beberapa kasus yang lagi dalam proses pembinaan oleh Polisi Kehutanan (Polhut).

“Kalau yang ada di daerah Kota Baubau kalau diproses oleh pihak kepolisian itu hanya dua yang di Kalia-kalia dan yang di labalawa dan itu tangkapannya polres kami hanya membantu,” kata Kepala KPH Wakonti Kota Baubau La Ode Rahmad Salim ditemui beberapa waktu lalu.

Terkait dengan barang bukti, pihaknya langsung menyerahkannya ke Polres Baubau untuk diamankan. Dalam hal ini pihaknya hanya sebatas mengukur setiap batang kayu ilegal itu.

“Kalau yang di labalwa itu kayu jati dan sekitaran dua kubik, kalau kami ini ada barang bukti itu langsung kami serahkan di polres kami hanya datang membantu mengukur,” ungkapnya.

Hasil catatannya pihaknya menyimpulkan cuma dua kasus kaya ilegal yang dilimpahkan ke Polres Baubau. Selebihnya dilakukan pembinaan yang juga diketahui oleh Polhut.

“Jadi untuk di tahun 2019 ini hanya dua yang dilimpahkan ke polres, dan ada lima kasus juga yang lagi dalam tahapan pembinaan jadi yang tahu persisinya itu teman-teman Polhut,” ulasnya. (#)

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest