BATAUGA,BP-Plt Bupati Buton Selatan (Busel) H La Ode Arusani melalui kebijakannya akan menambah insentif perangkat masjid se-Busel.

Kata Arusani, tujuan memberikan insentif tambahan kepada para perangkat masjid desa dan kelurahan agar mereka dapat bekerja dengan maksimal dan mengangkat kembali nilai-nilai Islam yang terkandung didalamnya.

Jika melihat sejarah masa lampau bahwa penyebaran islam di Kepulauan Buton, kata Arusani, berawal dari kedatangan pertama Syeikh Abdul Wahid. Beliau mendaratkan armadanya tepat di wilayah selatan jazirah Buton yang sekarang adalah Buton Selatan.

Melihat hal itu, maka dalam menanamkan nilai-nilai islam secara menyeluruh diperlukan konsistensi sehingga Busel dapat mewujudkan daerah yang beradat dengan mengedepankan nilai keagamaan dan kebudayaan.

“Langkah pertama-tama diseragamkan, seperti dizaman dulu, ketika maulid nabi dilakukan serentak, namun beberapa tahun belakangan sudah kendur maka kita angkat kembali nilai-nilai itu dan bukan hanya simbol tetapi direalisasikan,” ucap Arusani usai rapat bersama perangkat masjid se-Busel di aula rujab Bupati Busel, Sabtu (09/11) .

Ditambahkannya, pemberian intensif kepada perangkat masjid tersebut, pemerintah daerah akan mengecek kesesuaian dengan aturan perundang-undangan.

“Selama tidak menyalahi aturan maka pemberian intensif akan diterapkan di tahun 2020,” ujarnya

Sementara Kabag Kesra Setda Busel, Aston Zalim menambahkan, berdasarkan data dari Sistem Informasi Masjid Indonesia (SIMAS), tercatat jumlah masjid di Busel kurang lebih 94 unit

“Namun faktanya dilapangan dengan berjalannya waktu tercatat ada beberapa masjid yang baru dan itu belum terdaftar dalam SIMAS dan ini akan diperbaharui,” ucapnya

Caranya lanjut Aston, pihak perangkat masjid yang belum terdaftar dalam SIMAS, dapat melaporkan ke pemerintah desa untuk diteruskan ke Kementerian Agama dan Bagian Kesra Setda Busel. Hal itu penting agar masjid dan perangkatnya yang belum terdaftar agar bisa dimasukan dalam SIMAS

Khatib Masjid Nurul Yaqin, Hasman mengatakan sangat mengapresiasi langkah plt Bupati Buton Selatan H La Ode Arusani tersebut.

Warga Desa Bangun, Sampolawa ini berharap wacana pemerintah daerah untuk menambah intensif perangkat masjid dapat terrealisasi.

“Kita patut bersyukur atas perhatian pemerintah daerah yang akan menambah insentif perangkat masjid, ini juga akan menambah semangat kami dalam melaksanakan tugas dan kewajiban,” tukasnya

Peliput : Amirul

Pin It on Pinterest