Peliput: Amirul — Editor: Ardi Toris

BATAUGA,BP–Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Buton Selatan, sebelumnya telah menggelar rapat pleno untuk mengusung empat nama calon yang akan mengisi kekosongan Wakil Bupati Buton Selatan sisa masa jabatan 2017-2022, Sabtu (27/6)

Wakil Ketua Bidang Politik, Hukum dan Keamanan DPD PDIP Sultra La Ode Muhrim Bay

Hasilnya empat nama jeluar yakni La Ode Muhrim Bay, La Ode Sahrul, La Ode Zakir dan Wa ode Masfiah, yang kemudian diusulkan ke Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Sultra guna menyeleksi hingga mengerucut dua nama untuk direkomendasikan ke DPP PDI Perjuangan

Sesuai SK 065/IN/DPD/VI/2020 perihal pengusulan calon Wabub Busel, tercatat dua nama yakni La Ode Muhrim Bay dan La Ode Sahrul

Dua nama itu sudah diusulkan ke Dewan Pimpinan Pusat PDIP. Yang nantinya melahirkan satu nama yang disodorkan PDIP ke DPRD Busel untuk dipilih.

Pengusulan itu menindaklanjuti surat keputusan Kemendagri nomor 131-74/4312/2019 tentang pengangkatan La Ode Arusani dari Wabub Busel menjadi Bupati Busel. Posisi wakil Bupati sisa masa jabatan 2017-2022 masih kosong hingga saat ini.

Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPC PDIP Busel La Ode Sahrul

Wakil Ketua Bidang Politik Hukum dan Keamanan DPD PDIP Sultra La Ode Muhrim Mbay yang juga kandidat Cawabub Busel membenarkan usulan DPD PDIP itu.

Kata dia, setelah di DPD mengerucut sisa dua nama maka tinggal dilanjutkan ke pleno ke DPP.

“Rekomendasi DPD PDIP Sultra itu sudah dibawa ke DPP PDIP hari ini, Rabu (1/7), tinggal menunggu keputusan DPP untuk melahirkan satu nama, ” kata Muhrim Bay melalui via telepon, Rabu (1/7).

Wakil Ketua Bidang Politik, Hukum dan Keamanan DPD PDIP Sultra mengatakan secara politis, ia sebagai salah satu kandidat sudah berkomunikasi dengan sejumlah pimpinan Parpol.

” Insya Allah kita kan terus membangun komunikasi politik dengan partai lain,”ucapnya

Lajutnya, sejauh ini ia mengaku sudah membangun komunikasi dengan sejumlah partai politik yakni Golkar, Hanura, dan Demokrat, PKB, PPP baik ditingkatkan DPP, DPD.

“Iya, di DPD sudah komunikasi politik dengan Ketua DPD Demokrat Sultra Muh Endang, Ketua DPD Hanura Sultra Wa Ode Nurhayati. Begitupula di Golkar Sultra dibidang Bapilu sudah bangun komunikasi politik,” tuturnya

Kata dia, PDIP merupakan partai pemenang di Busel. Ia optimis namanya yang akan direkomendasikan DPP PDIP sebagai calon wakil Bupati Busel.

Ditanya soal rivalnya, kata Muhrim Bay, bahwa La Ode Sahrul juga merupakan kader PDIP terbaik di Buton Selatan.

“Insha Allah sama, beliau juga kader tulen dan lama di PDIP. Hanya saya pengurus di DPD, sementara La Ode Sahrul pengurus DPC, saya pikir peluangnya masih samalah,” katanya.

Sementara La Ode Sahrul mengaku optimis bahwa DPP akan merekomendasikan namanya. Kata dia komunikasi-komunikasi politik ke sejumlah Parpol pun ia telah tempuh, bahkan ditingkat ketua DPC telah terjalin komunikasi politik

“Saya optimis dan insha Allah nama saya direkomendasikan oleh DPP, intinya siapapun kader PDIP yang diusung DPP, kader partai wajib mendukungnya,” tukas Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPC PDIP Busel.(*)

Pin It on Pinterest