Peliput: Prasetio M

Wa Ode Frida Vivi Oktavia SH

BAUBAU, BP – Dari enam nama ASN diduga ikut dalam politik praktis, nama Drs H La Ode Zulkifli dinyatakan tidak terbukti. Sehingga Panwaslu Kota Baubau merekomendasikan lima nama ke KASN.

Kordiv Hukum dan Penindakan Pelanggaran Panwaslu Kota Baubau Wa Ode Frida Vivi Oktavia SH saat dihubungi, Kamis (28/12) mengatakan, pihaknya akan segera mengirimkan hasil Pleno dugaan politik praktis lima ASN Kota Baubau pada acara maulid Nabi Muhammad SAW di kelurahan BWI bersama bakal calon Walikota AS Tamrin. ASN tersebut dianggap melanggar asas netralitas ASN sebagaimana diatur dalam pasal 2 huruf (f) UU nomor 5/2014 tentang ASN.

“1 x 24 jam berkas sudah harus kami kirim,” kata Frida.

Tindakan ini kata Frida, merupakan langkah pencegahan, agar hal yang sama tidak terulang kembali saat tahapan penetapan bakal calon. Karena belum memasuki tahap kampanye, sehingga Panwas hanya akan merekomendasikan nama-nama Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diduga kuat terlibat Politik Praktis.

Frida menambahkan, lima nama ASN yang direkomendasikan ke KASN dan Menpan RB dengan dugaan kuat terlibat politik praktis yakni, Dr Roni Muchtar (Kadis Perhubungan Kota Baubau), Sadidi SSos (Plt Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Baubau), Abdul Fatar SE MSi (Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah Kota Baubau), Irsyad Cahyadin SIP (Kabag Protokoler Setda Kota Baubau), La Ode Sarafa (Kadis Ketahanan Pangan Kota Baubau). (*)

Pin It on Pinterest