Peliput: Alamsyah Pradipta Editor : Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP – Lapas Kelas IIA Baubau kembali kedatangan tahanan teroris poso, Gunawan alias Gugun alias Agus (34) rabu (28/12) sekitar pukul 12.00 wita. Pria yang biasa disapa Pino ini sebelumnya sudah menjalani masa tahanan di rumah tahanan (rutan) negara Kelas I Jakarta pusat selama tiga tahun.

“Saya di penjara selama 3 tahun di Rutan kelas I Jakarta Pusat dan sisa beberapa bulan hukuman saya,” kata Gunawan kepada Baubau Post saat ditemui di Lapas Kelas II A Baubau kemarin.

Sementara itu, Kasubsi Registrasi Lapas kelas IIA Baubau, Fredy saat dikonfirmasi Baubau Post diruang kerjanya kemarin membenarkan jika ada tahanan teroros Poso yang di pindahkan ke Lapas Kelas IIA Baubau.

“Iya tadisekitar pukul 12.00 wita ada tahanan teroros Poso masuk Lapas Kelas IIA Baubau di kawal dari Direktorat dirjen Pemasyarakatan (PAS) dan Kejaksaan Negeri Jakarta Utara via Bandara Betoambri Baubau,”ungkapnya.

Dikatakan, berdasarkan ekspirasinya, tersangka teroris Gunawan akan bebas pada tanggal 3 oktober 2017, otomatis masa tahanannya akan berakhir pada tahun 2017 nanti. Selain itu, kepindahan tahanan teroris iini sudah sesuaai dengan prosedur yang ada.

“Teroris ini di Baubau tidak cukup 1 tahun lagi karena Oktober sudah akan keluar, dan kami memang hanya menerima masa tahanan 1 tahun keatas, yang merupakan prosedur Lapas IIA Baubau,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk terpidana terorisme, mereka mendapatkan pidana khusus yang tidak bisa disamakan oleh kasus pidana lainnya. Termasuk pemberian hak yang harus mengacu pada Peraturan Pememrintah (PP) No 99 yang berbeda dengan kasus pidana lainnya, serta terpidana teroris memiliki pengawalan eksrta ketat yang mengacuh pada ketentuan Badan Penangulangan Teroris (BNPT).

“Kalau teroris pidana khusus jadi tidak bisa disamakan dengan kasus pidana biasa, pemberian haknya juga itu kita harus mengarah dan mengacuh pada PP99 tidak serta merta disamakan, tetapi pengawalan besukannya ekstra ketat sesuai dengan seizin BNPT,” tutupnya.

Sebelumnya, Lapas Kelas IIA Baubau sudah menerima salah satu teroris Poso lainnya, Aco Bambu yang menjadi anak buah Santoso pada Mei 2016. Untuk itu, dengan kedatangan Gunawan rabu (28/12) maka Lapas Kelas IIA Baubau sudah menampung dua orang tahanan teroris poso. (#)

Pin It on Pinterest