Peliput: Darson

BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan kembali melantik dan mengambil sumpah 282 pejabat lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) setempat mulai eselon II dan eselon III, eselon IV sesuai organisasi perangkat daerah (OPD) baru. Pelantikan tersebut digelar di aula Bappeda Butur, Jum’at (20/1) sore.

Berdasarkan pantauan awak media ini, mayoritas yang diambil sumpahnya pejabat yang dipromosi atau muka-muka baru. Sehingga, dengan demikian mereka pun dituntut untuk menunjukan kinerjanya yang professional dalam menjalankan tugas barunya.

Pelantikan ini sendiri menindak lanjuti UU nomor 23 tahun 2014 dan diperkuat lagi dengan peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2016 maka semua pejabat eselon II dan III dikukuhkan dan dilantik ulang.

Dalam sambutannya Abu Hasan mengungkapkan selama mengambil keputusan terkait pengisian OPD tersebut, baru kali ini dihadapkan dua pilihan yang sulit, yakni apakah harus disesuaikan dengan karakter, dengan artian harus melawan diri sendiri, atau dibenahi dengan emosi, yang kosekuensinya akan melawan kekacauan.

“Saya memilih melawan diri sendiri, karena saya tidak akan benahi dengan emosi dalam menyusun komposisi OPD. Pilihan saya benahi dengan karakter, walaupun pilihan ini sangat berat, tapi demi kemajuan Buton Utara,”ungkapnya.

Oleh karena itu, mantan Kabiro Ortala Pemprov Sultra ini, pejabat yang telah dilantik untuk tidak bermain-main dalam melaksanakan tugasnya. Tidak bekerja setengah hati. Kalau itu, terjadi tentunya akan mendapatkan kosekuensi dengan dicopot dari jabatannya.
“Saya akan melakukan terus evaluasi, tidak akan menunggu sampai empat atau tiga tahun, tapi satu tahun akan dilakukan evaluasi. Karena yang tidak bekerja sungguh-sungguh pastinya akan mengajauhkan kinerja pemerintahan dan mengajaukan sistem,”tegasnya.

Terutama, tambah dia para camat yang dilantik harus berkerja optimal karena merupakan ujung tombak dalam menjalankan program pembangunan, yang disenirgan dengan Kelurahan maupun pedesaan. Untuk itu lanjut pria berkacamata ini menegaskan agar pejabat yang sudah dilantik bekerja dengan baik dalam melayani masyarakat sehingga Kabupaten Butur bisa maju dan sejahtera.

Abu Hasan mengingatkan kepada para pejabatnya yang baru saj dilantilnya itu bahwa pertanggung jawaban atas amanah yang diberikan tak hanya kepada atasan. Tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa atas sumpah jabatan yang telah diikrarka.
” seluruh pejabat harus komitmen dalam menjalankan tugas. Jangan lagi ada kotak-kotak yang terjadi semuanya harus bersatu untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Buton Utara,’pintanya.

Dijelaskannya, program pemerintahan Butur akan fokus dibidang pertanian, perikanan dan meningkatkan jumlah usaha kecil menengah. Olehnya itu, seluruh pejabat ditekankan mengambil peran yang maksimal untuk menurunkan angka kemiskinan,” tandasnya.

Pada pelantikan ini, ikut dihadiri Wakil Bupati Ramadio, sekda La Ode Baharuddin, Asisten II Zunaini, kepala BKD Yasin serta forum komunikasi pimpinan daerah.(***)

Pin It on Pinterest