• dr Lukman: Pengamanan Melibatkan Polisi dan Pol PP

Peliput: Prasetio M — Editor: Ardi Toris

BAUBAU,BP- Lima pasien positif Covid-19 Baubau kini menjalani perawatan di rumah sehat terpusat di Rusun ASN di Palagimata, dimana sebelumnya pasien-pasien ini telah menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Baubau.

Hal itu diungkapkan Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 (GTC-19) Baubau dr Lukman SpPD, ditemui sejumlah awak media, Jumat (12/06). Kata dr Lukman yang ada di Rumah Sehat itu pasien 01, pasien 03, pasien 016, 018, dan pasein 019.

Rusun ASN di Kawasan Palagimata jadi lokasi rumah sehat terpusat sementara sebagai tempat karantina untuk pasien covid-19 Foto; Prasetyo / BaubauPost

” Iyah ada lima (pasien positif Covid-19) di rumah sehat terpusat di Palagimata dan sudah berjalan,” katanya.

Dikatakan, pihaknya dalam memindahkan pasien positif corona di Rumah Sehat Terpusat ada SOP yang mengatur dan salah satu butir SOP nya yakni, pemanfaatan Rumah Sehat Terpusat bagi pasien positif namun tidak bergejala, Pasien Dalam Pemantauan (PDP) ringan atau sedang, sehingga beban RSUD Baubau terbantu dengan adanya Rumah Sehat Terpusat.

Rusun ASN di Kawasan Palagimata jadi lokasi rumah sehat terpusat sementara sebagai tempat karantina untuk pasien covid-19 Foto; Prasetyo / BaubauPost

Untuk pelayanan terhadap pasien yang berada di Rumah Sehat Terpusat, lanjutnya, tidak ada perbedaan dengan pelayanan di RSUD Baubau. Pihaknya hanya berusaha menciptakan sebagai tempat relaksasi sehingga pasien merasa nyaman dan aman.

“Tenaga kesehatan hari ini kan direkrut dan di workshop mudah-mudaham malam bisa langsung jaga. Fasilitas di sana ala hotel lah, karena kita promosikan sebagai tempat relaksasi,” jelasnya.

Ia menambahkan, pasien yang berada di Rumah Sehat Terpusat akan terus dipantau selama 24 jam. Untuk pengamanannya sendiri akan melibatkan pihak kepolisian dan Satpol PP Kota Baubau. (**)

Pin It on Pinterest