– Bupati Buteng Hadir Bicarakan Pilkada

Peliput: Anton

LABUNGKARI, BP – Acara syukuran pesta panen yang diselenggarakan oleh masyarakat Desa Rahia Kecamatan Gu berlangsung cukup meriah pada Senin (28/11). Acara tersebut diadakan setiap tahun biasanya pada November, bertempat di pasar Desa Rahia yang lokasinya cukup berdekatan dengan Dermaga Desa Rahia.

Syukuran pesta panen tersebut digelar sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat desa Rahia atas hasil panen pertanian maupun perkebunan. Kegiatannya dilangsungkan dalam dua tahap, yang pertama adalah kegiatan pagi, dilangsungkan ritual adat dipimpin oleh seorang tokoh dengan memanjatkan doa untuk keselamatan, kesehatan, dilancarkan rezeki, yang dihadiri oleh para tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Kemudian dalam tahap kedua, dilanjutkan dengan acara syukuran dalam bentuk perjamuan untuk masyarakat umum, para undangan yang terdiri dari Pj Bupati Buton Tengah Drs H La Ode Ali Akbar MSi, beberapa anggota DPRD Buteng yakni Kadir Teme SPdI, Tasman SE, Tamsil SE, kemudian Camat Gu Wa Ode Sahara juga turut hadir dalam acara tersebut.

Usai kegiatan, Adnan SPd selaku ketua panitia kegiatan mengatakan, acara pesta panen di Desa Rahia merupakan kegiatan rutin tahunan masyarakat sebagai rasa syukur atas hasil panen yang melimpah.

“Memang kegiatan pesta panen itu merupakan kegiatan rutin hampir tiap tahun bukan baru kali ini, kalau saya tidak salah kayaknya sudah enam kali diadakan, dan acaranya itu pada bulan-bulan November biasanya, karena pada bulan November itu adalah musim panen, masyarakat yang hadir dalam acara siangnya itu kira-kira kurang lebih 200 orang, mereka berpakaian biasa atau bebas rapi, tidak ada yang pakaian adat,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa acara turut meriah dengan adanya penampilan drama dari siswa-siswi SMPN Satap Rahia. “Acara tadi dimeriahkan juga oleh hiburan lokal seperti penampilan drama dari siswa-siswi SMPN Satap Rahia, kemudian Pj Bupati tadi dalam penyampaiannya pada intinya beliau disamping memaparkan tentang tugas-tugas beliau dalam menjabat sebagai Pj Bupati Buteng, beliau juga mengimbau agar para PNS supaya bisa netral dalam pelaksanaan Pilkada ini, kemudian masyarakat juga harus bisa menjaga keamanan dan ketertiban,” tutupnya.(*)

Pin It on Pinterest