Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus DW Martowardojo, menyerahkan bantuan kepada dua desa di Wakatobi. Bantuan social itu berupa penunjang usaha pengembangan pariwisata, Jumat (13/1).

“Kami memberikan bantuan social ini agar focus pada jenis usaha yang mendukung industry pariwisata bahari Wakatobi. Kenapa kami memberikan bantuan social ini karena desa-desa ini kekurangan alat diving, snorkeling dan kurangnya titik pemberangkatan wisatawan bahkan tidak mampu melayani wisatawan yang datang,” terang Agus DW Martowardojo, usai menyerahkan bantuan itu untuk masyarakat Desa Waha Wangi-Wangi.

Dalam kesempatan itu pula, Gubernur BI menyerahkan bantuan kepada perwakilan masyarakat Desa Darawa Kaledupa Selatan. Bank Indonesia memberikan bantuan komiditas rumput laut beserta tempat jemuran dengan tujuan agar petani rumput laut (agar-agar, red) yang masih kurang merangsang pelaku Usaha Menengah.

“Di Desa Darawa masih menghadapi dua permasalahan dalam proses budidaya, yakni diantaranya masih mahalnya penyediaan bibit rumput laut yang didapatkan dari luar daerah,” ujar Gubernur BI.

Untuk diketahui bahwa Desa Waha mendapatkan bantuan soaial berupa sarana pengembangan pariwisata seperti perbaikan dermaga, membangun pusat kuliner, membina pengrajin tenun agar professional, gapura serta renovasi Mesjid Al Taqwa Waha.

Dipilihnya Desa Waha karena BI menganggap Desa Waha masih terdapat kurangnya fasilitas pendukung yang untuk mengembangkan usaha jasa pariwisata. Pasalnya, sejak tahun 2011 lalu BI telah merintis dengan memberikan bantuan kepada kelompok pengranjin tenun, pemandu selam dan usaha kuliner lokal yang berbasis masyarakat. (*)

Pin It on Pinterest