Peliput: Gustam

Roni Muchtar

BAUBAU, BP – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau tengah membangun terminal tepatnya di daerah Waramsio Kota Baubau. Rencananya, terminal tipe C itu bakal dijadikan terminal pusat kota, sembari menunggu pembangunan terminal Tipe B di Lakologou rampung.

Kepala Dishub Kota Baubau Roni Muchtar menjelaskan, pembangunan terminal Tip B di Lakologou hingga kini masih tahap perencanaan. Jika rencana tersebut terealisasi, semua kendaraan baik dari Kabupaten Buton, Buton Utara (Butur) dan Buton Selatan (Busel) bakal berpusat di sana (terminal di Lakologou-red).

“Di Waramsio saat ini ada pembangunan terminal yang rencananya akan difungsikan sebagai terminal pusat kota. Sebenarnya kan terminal pusat kota itu kita bikin di Lakologuo, terminal tipe B. Tapi karena terminal di Lakologou itu masih tahap perencanaan, maka untuk sementara kendaraan akan dialihkan di Waramsio. Jadi nanti, semua alur kendaraan akan dialihkan di terminal Waramsio,” jelasnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Baubau itu memperkirakan, terminal di Waramsio bakal rampung pada tahun depan. “Inshaallah itu sudah akan bisa terpakai pada tahun 2018 nanti,” pungkasnya. (*)

Pin It on Pinterest