BURANGA, BP- Bupati Buton Utara (Butur) Drs H Abu Hasan MPd resmi menutup kegiatan Musabaka Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Butur ke-VII, di pelataran Islamic Center, Kamis malam (06/02).

Dalam sambutannya, Abu Hasan mengucapkan selamat kepada para juara di berbagai cabang yang dilombakan. Ia berharapa kepada para camat, lurah, dan kepala desa untuk terus berkolaborasi, berbenah serta terus memakmurkan Mesjid dan rumah Al-Quran secara berkesinambungan.

” Saya ucapkan selamat kepada Anak-anakku yang telah mendapat juara. Camat, lurah dan kepala desa terus berkolaborasi,”ucapnya.

Ia mengatakan, pada kegiatan MTQ ini selain mencari dan mengasah kemampuan generasi muda di bidang keagamaan, juga sebagai ajang silaturahmi para peaerta dari berbagai kecamatan di Buton Utara.

” Memulai silaturahmi insya Allah persatuan dan kesataun, akan terus berkembang mewarnai progres pembangunan daerah,”ujarnya.

Peserta yang memperoleh peringkat terbaik, nantinya akan mewakili Kabupaten Butur dalam kegiatan MTQ ke-28 tingkat Provinsi Sultra. Olehnya itu para pelatih di himbau untuk terus melakukan bimbingan, guna menghadapi kegiatan MTQ tingkat Provinsi di Kabupaten Konawe Selatan nanti.

” Harus ada training, harus ada bimbingan kembali mereka yang juara, sehingga yang menjadi keterbatasan kita bisa tingkatkan kemampuan mereka sesuai dengan bidang masing- masing,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kementrian Agama Butur Muh. Saleh berharap kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Butur untuk mendukung para juara dalam pembinaan yang kurang lebih satu bulan lagi. Sehingga mereka bisa bersaing maksimal di MTQ tingkat Provinsi nantinya.

” Mohon kepada pemerintah daerah untuk dukungan para juara kita melakukan pembinaan kurang lebih satu bulan sehingga perhelatan MTQ tingkat Provinsi, daerah Buton Utara tampil maksimal dan bisa bersaing dengan kabupaten-kabupaten lain,” harapnya.

Untuk diketahui kegiatan MTQ ke-VII tingkat Kabupaten Butur, Kecamatan Bonegunu berhasil mendapat Juara Umum dengan perolehan nilai 70. Sementara Juara Umum kedua diperoleh Kecamatan Kulisusu dengan jumlah nilai 55, dan Juara Umum ketiga di raih oleh Kecamatan Wakorumba Utara dengan perolehan nilai 54.

Sedangkan harapan satu diperoleh Kecamatan Kulisusu Utara dengan perolehan nilai 37, disusul kecamatan Kambowa dan Kulisusu Barat memperoleh nilai 24.

Dalam kegiatan penutupan MTQ ke-VII tersebut turut hadir Ketua DPRD Butur Diwan S.Pd, Wakil Ketua DPRD I Ahmad Afif Darvin SH, Wakil Ketua II DPRD Septi Rahma MAd Kep, Wakapolres Buton Utara Kompol Samuel Simanjuntak SIK, Sekertaris Daerah Butur Muh. Yasin. Forkompimda, Ketua Tim Penggerak PKK Dra Hj St Rabiah Abu Hasan dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Hasriati Ramadio SKM, serta para kepala OPD butur dan para camat sekabupaten Buton Utara.

Peliput : Kasrun

Pin It on Pinterest