BAUBAU, BP- Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Orang Dalam Pantauan (ODP) di Kota Baubau terus menurun. Hingga hari minggu (05/04) tercatat tinggal 59 orang.

“ODP kita 59 orang,” singkat Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Baubau La Ode Muslimin Hibali, saat dikonfirmasi Baubau Post melalui ponselnya.

Dalam matrik yang disajikan di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Baubau per 1 April, Pasien Dalam Pantauan (PDP) masih nol alias tidak ada.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Baubau terus melakukan pemantauan ODP. “Yang terus kita lakukan adalah pengadakan pemantuan kepada semua ODP melalui tenaga medis puskesmas,” ujar Muslimin.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Baubau Roni Muhtar mengaku, Kota Baubau masih aman dari virus covid-19. Masyarakat diminta untuk memahami makna status ODP dan PDP. Dijelaskannya, seseorang yang masuk dalam ODP apabila ia pernah bepergian ke negara atau daerah terjangkit virus covid-19.

“Kalau yang ODP itu diisolasi mandiri di rumahnya, sementara yang berstatus PDP itu harus diisolasi di rumah sakit, tapi sampai hari ini kita di Baubau belum ada yang berstatus PDP, masih aman,” ungkap Jenderal ASN Kota Baubau itu.

Untuk diketahui, data ODP tertanggal 25 Maret kemarin mencapai 484 orang, berkurang tanggal 1 April menjadi 173 orang, dan terus menurun hingga saat ini.

Peliput: Gustam

Pin It on Pinterest