Puliput : Alan

LABUNGKARI, BP – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Perhubungan Kabupaten Buton Tengah (Buteng) pada tahun 2017 naik dua kali lipat dari yang telah ditentukan sebelumnya.

“PAD Dinas Perhubungan Buteng di tahun 2017 ini, sudah mencapai Rp 190 juta melebihi target yang awal yang direncanakan sebesar Rp 96 juta,” ujar Kadis Perhubungan Kabupaten Buton Tengah, Haruni SPd MMPub saat dikonfirmasi via telepon selulernya, Rabu (6/12).

Walaupun jumlah target PAD Dinas Perhubungan tahun ini, sudah melebihi dari apa direncanakan bahkan dua kali lipatnya, namun Kadis Perhubungan masih takut menaikan target PAD untuk tahun 2018 mendatang.

Ketakutan tersebut, keluh Haruni, didasari atas beroperasinya kembali Pelabuhan Waara-Baubau yang dimana pelabuhan tersebut dikelola sepenuhnya oleh pemerintah Provinsi Sultra, sehingga dapat memicu pengurangan PAD Dinas Perhubungan kedepannya.

“Kemarin, yang paling menggejot PAD nya adalah penyebrangan Tolandona-Baubau, sekarang penyebrangan Waara sudah bagus dan beroperasi maka untuk penyebrangan Tolandona tidak lagi beroperasi, maka hal ini akan mempengaruhi PAD kedepannya,” keluh Haruni.

Untuk itu, pihaknya sangat berharap kepada pemerintah daerah agar kedepannya dapat mengalolasikan anggaran daerah untuk pembuatan atau perbaikan pelabuhan, walapun dilakukan bertahap atau sedikit demi sedikit.

“Sekarang ini, kami (Dinas Perhubungan) sementara mengusulkan untuk penyebrangan Kecamatan Talaga-Mawasangka, mudah mudahan dapat disetujui, sehingga PAD bisa bertambah juga kedepannya,” harapnya.(*)

Pin It on Pinterest