Peliput: Hengki TA/Zaman Adha

BAUBAU, BP – Bangunan Pasar Wameo yang ambruk dan rusak parah akibat terjangan angin kencang dan hujan deras yang disertai petir Minggu malam (15/01), menjadi peringatan bagi Pemerintah Kota Baubau, untuk memperhatikan aspek pembangunan kedepan. Demikian yang diungkapkan Wakil Ketua DPRD, La Ode Yasin Mazadu, Senin (16/01).
Menurutnya, untuk melihat aspek kualitas sebuah pembangunan fisik fasilitas umum, terlebih Pasar Wameo merupakan salah satu pusat perekonomian masyarakat Kota Baubau. Sehingga aktifitas pengerjaan bangunan harus dikedepankan dan menjadi perhatian.
“Dalam waktu dekat kami akan melakukan tinjuan lapangan melihat kondisi Pasar Wameo langsung, dan melakukan identifikasi mengenai bangunan yang rusak tersebut,” jelasnya.
Dari kejadian tersebut, Yasin bersyukur tidak ada korban jiwa. Namun pihaknya akan tetap melakukan fungsinya sebagai pengawas pemerintah, karena aspek kualitas pekerjaan fisik sangat penting bagi keselamatan masyarakat.
“Kita harapkan agar pemerintah agar cepat mencarikan solusi, agar aktifitas pasar tetap berlangsung. Tidak dengan kondisi yang sekarang, lalu aktifitas pasar menjadi terhambat. Aktifitas pasar tetap berlanjut apabila bisa dilokalisir, namun apabila berbahaya maka dicarikan arternatif,” ujarnya.
Anggota DPRD lainya, Feto Daud menambahkan, Pemerintah Kota Baubau harus segera melakukan langkah kongkrit mengatasi masalah ini. Terlebih menyangkut kepentingan masyarakat, baik pedagang maupun pembeli.
“Didalam itu ada beberapa pedagang kecil, olehnya dengan kondisi yang seperti ini Pemerintah Kota Baubau harus segera melakukan upaya seperti memperbaiki ulang bagian pasar yang rusak, karena yang kita inginkan kegiatan ekonomi masyarakat tidak terganggu,” katanya.
Lanjutnya, untuk mendongkrak ekonomi masyarakat perlu mendorong sektor riil seperti aktifitas perdagangan yang ada di Pasar Wameo. Sehingga dengan adanya keruskan ini, berpotensi menghambat aktifitas perekomomian masyarakat Kota Baubau.
“Pasar itu sudah dimanfaatkan, kalau misalnya belum dimanfaatkan maka lain lagi langkah kongkrit yang harus diambil. Karena disayangkan para pedagang kecil yang sudah berjualan, dan harus ada pertimbangan pemerintah agar direlokasi untuk sementara waktu,” pungkasnya. (**)

Pin It on Pinterest