Peliput: Alan

LABUNGKARI, BP – Pelantikan 16 Kepala Desa (Kades) terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) yang diselenggarakan pada selasa 28 November 2017 lalu, saat ini masih menunggu instruksi Bupati Buteng.

“Informasi pelantikan Kades, kita masih tunggu instruksi Bupati,” Ujar Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Buton Tengah, Ismail Rewa saat dikonfirmasi via telepon selulernya, Selasa (12/12).

Dijelaskan, setelah adanya berita acara penetapan kades terpilih nantinya maka dirinya akan mengajukan permohonan kepada bupati untuk penetapan jadwal pelantikan Kades.

“Sementara ini juga, kita masih menunggu pengesahan dan pengusulan pelantikan dari masing masih Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) yang diserahkan kepada camat dan dilanjutkan kepada kami,” terang Ismail.

Atas itu, Ismail membeberkan lambatnya pelantikan ini karena dari 6 kecamatan yang menggelar pilkades tersebut, sisa kecamatan Gu yang belum menyetor hasil plenonya.

“Sisa kecamatan GU yang belum menyetor, mudah mudahan dalam waktu dekat sudah rampung semua dan kita ajukan kepada Bupati agar kita lantik kades terpilih itu,” bebernya.

Selain itu, saat ditanya apakah banyak calon kepala desa yang komplen dari hasil pemungutan dan perhitungan suara saat digelar pada 28 november 2017 lalu. Ismail menjelaskan “Untuk saat ini memang ada yang komplen, tapi masih kita pelajari mekanismenya gugatannya,” pungkasnya.(*)

Pin It on Pinterest