BAUBAU, BP- Penularan virus covid-19 atau corona masih menjadi momok menakutkan semua orang. Akses transportasi darat, laut dan udara disterilkan. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) rutin melakukan penyemprotan semua kabin kapal dengan cairan insektisida.

Kepada Baubau Post, Kepala PT Pelni Cabang Baubau Capt Akhmad Sadikin mengaku, penyemprotan cairan insektisida dilakukan sebelum penumpang masuk.

“Kita penyemprotan cairan insektisida, semua udah disemprot sebelum penumpang masuk, untuk memungkinkan bahwa kapal steril dari virus-virus,” ungkapnya.

Penyemprotan tersebut, kata dia, dilakukan di semua pelabuhan di Indonesia sesuai intruksi Pemerintah Pusat, guna memastikan setiap kapal yang berangkat dalam keadaan steril.

“Semua pelabuhan digerakan, perintis, tol laut semuanyq. Itu memang menjadi acuan Pelni sesuai dengan intruksi kementerian bahwa alat transportasi pun harus steril,” tutur Akhmad.

Namun di beberapa hari terakhir, lanjut Akhmad, pihaknya mengalami hambatan yakni kosongnya cairan insektisida hampir di semua apotek di Kota Baubau.

“Di sini (baubau-red) udah habis (cairan insektisida-red), makanya kita pesan lagi di Makassar. Kalau penyemprotan kita masih laksanakan karena di datangkan dari pusat (cairan insektisida-red),” tandasnya. (*)

Peliput: Gustam

Pin It on Pinterest