WANGI-WANGI, BP- Festival tiga tahun sekali Musabawah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Wakatobi yang akan dilaksanakan pada 22 sampai 28 Februari 2020 mendatang, rupanya bakal menjadi ajang seleksi pencarian bibit unggul berprestasi, yang nantinya akan dipilih oleh Pemda sebagai utusan putra-putri terbaik Wakatobi untuk disertakan dalam kegiatan MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) nantinya.

Diketahui, beberapa peserta yang berhasil meraih juara dalam kegiatan MTQ tingkat kabupaten, akan diutus sebagai perwakilan daerah guna mengikuti penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Sultra yang nantinya akan diselenggarakan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

” Setelah ini juara satunya kita akan ikut kan sampai ke MTQ provinsi yang bertempat di Konawe Selatan, sekitar bulan Maret kita akan berangkat kan,” ungkap Kepala Bidang Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Wakatobi Usman SPd saat dikonfirmasi Baubau Post, Kamis (20/02).

Dijelaskannya, dalam kegiatan festival ini akan dirangkaikan dengan beberapa jenis lomba religi. Tercatat sebanyak 50 lomba, diantaranya lomba Membaca Tartil, Hafalan Juz Quran mulai dari 5 juz, 10 juz, 20 juz hingga 30 juz.

” Nanti kita lihat apakah ada pendaftar yang hafalan 30 juz atau tidak. Dari yang hafalan 30 juz itu nanti juga akan kita lihat layak atau tidak mereka ini akan dibawa ke MTQ Provinsi,” ujarnya.

Usman menambahkan, pendaftaran MTQ telah dibuka sejak 19 Februari kemarin, dan akan ditutup pada 21 Februari hari ini.

” Kita masih menunggu kafilah kecamatan. Hari ini kafilah dari Togo Binongko akan tiba sore dan akan kami jemput, untuk Wangi-Wangi Selatan tadi pagi saya lihat sudah ada,” ulasnya.

Sebagai informasi tambahan, didalam prosesi pendaftaran, kata Usman pula, tidak masalah jika putra-putri asli Wakatobi datang terlambat atau telat mendaftar.

” Tanggal 22 dalam daftar tidak masalah yang terpenting dia putra-putri asli Wakatobi. Jangan diambil dari daerah lain karena bila dia mendapatkan juara 1 di MTQ Provinsi Sultra maka K2 akan tertolak dengan sendirinya karena dia tidak berdomisili di Wakatobi,” tutupnya.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest