Peliput: Prasetio M — Editor: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Saat ini sejumlah tempat wisata mulai terlihat menjalankan aktifitasnya, padalah Pemerintah Kota Baubau belum mencabut surat edaran penutupan sementara kegiatan operasional yang pernah dilayangkan kesemua tempat wisata, tidak terkecuali Tempat Hiburan Malam (THM) yang ada di Kota Baubau.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau Ali Arham saat dihubungi via seluler, Minggu (12/07).

Kadis Pariwisata Kota Baubau Ali Arham

” Sampai hari ini surat yang pernah kita layangkan kesemua tempat rekreasi, tempat wisata, hiburan malam belum dicabut oleh pemerintah daerah,” katanya.

Dikatakan, pihaknya pernah berencana membuka kembali tempat wisata yang ada di Kota Baubau, namun sebatas kajian karena pihaknya harus menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) terlebih dahulu.

” Yang pernah direncanakan tanggal 7 itu baru sebatas kajian, karena kita harus siapkan SOPnya, bahkan kita sudah siapkan barner-barner kalau memang sudah dicabut. Kita juga belum pernah mengajukan ijin kepada tim gugus covid, karena kita tau juga situasi di Baubau inikan masih merah dan bertambah terus pasien corona, jadi belum bisa kita lakukan itu,”jelasnya.

Menurutnya, walaupun para pekerja THM sudah pernah mengikuti kegiatan rapid tes namun bukan jaminan. Pasalnya yang dirapid hanya pekerja dan bukan pengunjung. Beberapa hiburan malam yang sudah mulai membuka aktifitas menjadi tanggung jawab pemilik usaha itu sendiri dan Dinas Periwisata Kota Baubau tidak berwenang untuk menutup tempat usaha.

Untuk diketahui Pemerintah Kota Baubau telah melayangkan surat edaran nomor: 433/1764/SETDA/2020, perihal penutupan sementara kegiatan operasional dalam pencegahan penularan Covid-19. (**)

Pin It on Pinterest