WANGI-WANGI, BP – Prosesi penyerahan kunci Pasar Sentral Wakatobi telah direncanakan akhir Februari 2020 lalu, namun hingga kini agenda tersebut masih molor. Menanggapi hal itu, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Wakatobi menjadwalkan kembali kegiatan serah terima kunci pasar pada Maret ini.

Untuk diketahui, sebelumnya Pasar Sentral Wakatobi sempat dilanda musibah kebakaran hingga menghanguskan 100 unit los, pada Senin (01/10/2018).

Kepala Disperindag Wakatobi Safiuddin saat ditemui koran ini pada Selasa (03/03) mengatakan, molornya waktu penyerahan kunci teruntuk masyarakat pengguna los ini disebabkan lambatnya penyusunan nama-nama penerima los dan penyusunan sket penempatan, pasalnya posisi gedung saat ini berbeda dengan posisi sebelum terjadinya hal naas tersebut.

Selain itu, pembentukan tim pemantau dan penertiban untuk pembagian los pasar juga menjadi alasan utama. Namun, kini tim tersebut telah terbentuk dan telah disiapkan SKnya. Dalam tim ini terdapat pihak Kepolisian, Koramil, Kejari, DPRD Wakatobi hingga pihak Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan.

” Yang membuat sedikit molor, sambil menunggu tim ini, karena tim ini harus dibentuk juga. Timnya tinggal di SK kan, karena kami juga harus koordinasi dengan atasan yaitu Pak Sekda sehingga di sini jadi penasehat,” ulasnya.

Untuk diketahui terjadi penambahan los sebanyak 10 unit pasca peristiwa naas tersebut dari 100 los yang terbakar kini menjadi 110 los yang telah dibangun.

” Yang kami bangun itu 110, yang kena imbas 100,” tandasnya.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest