• AKBP Rio Tangkari: 700 Rapid Tes Disediakan

BAUBAU, BP- Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74, Polres Baubau menggelar rapid tes masyarakat Kota Baubau di Pasar Wameo. Kegiatan tersebut merupakan upaya Polres Baubau dan Pemerintah Kota Baubau dalam memutus mata rantai penyebaran COvid-19 di Baubau, Minggu (21/06).

rapid tes gratis di Pasar Wameo

Kapolres Baubau AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari saat ditemui awak media mengatakan kegiatan Rapid Tes masal yang dilakukan pihaknya merupakan wujud kepedulian Polri kepada masyarakat Kota Baubau dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Harapannya dengan kegiatan ini (Rapid tes) bisa semakin melokalisir penyebaran virus corona. Selanjutnya pemerintah bisa mengambil langkah-langkah pencegahan,” kata AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari.

Dikatakan, Pasar Wameo merupakan salah satu fasilitas umum yang ramai digunakan oleh masyarakat Baubau dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari, oleh sebab itu pihaknya memilih Pasar Wameo sebagai lokasi kegiatan.

Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari Foto Prasetyo M-BaubauPost

Kegiatan bakti sosial dengan memilih pasar tradisional, karena sebagaimana diketahui bersama pasar sebagai tempat yang cukup ramai dan menjadi titik masyarakat berinterkasi melalui proses jual beli.

” Salah satu konsen kita adalah pasar tradisional. Kita juga berharap kegiatan rapid tes ini bisa menjaring warga masyarakat, baik penjual atau pembeli atau masyarakat sekitar yang berinteraksi dipasar ini,” ungkapnya.

Ia mengatakan dalam kegiatan Rapid tes ini pihaknya bekerja sama dengan pihak Pemerintah Kota Baubau melalui Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Baubau. Jumlah Rapid tes yang disediakan dalam kegiatan ini sebanyak 700 alat Rapid Tes.

“Alat rapid tes yang disiapkan sekitar 700, dan kita lihat bagaimana nanti kebutuhannya. Sejauh ini antusias masyarakat sangat luar biasa,” terangnya

Ia menambahkan jika dalam menyambut hari Bhayangkara ke-74 ini, pihaknya juga telah melakukan sejumlah kegiatan sosial kepada masyarakat, antara lain pembagian beras, paket Sembako, dan donor darah.

“Sebelumnya kita juga sudah melaksanakan kegiatan pembagian beras 10 ton tahap pertama dan tahap kedua, membagikan 500 paket sembako serta donor darah. Nanti tanggal 26 Juni puncaknya bakti sosial ini,” terangnya.

Lanjut Kapolres, pihaknya berinisiasi mengadakan lomba kampung tangguh di wilayah hukum Polres Baubau.

” Setiap kecamatan paling tidak ada perwakilan sebagai pilot projek untuk mengikuti lomba kampung tangguh ini. Kampung tangguh ini adalah kampung yang masyarakatnya memiliki ketangguhan menghadapi penyebaran virus corona, baik itu tangguh dalam hal mencegahnya, tangguh dalam menanganinya dan tangguh dalam ketahanan pangannya,” ujarnya.

Dilokasi yang sama, Sekda Kota Baubau Dr Roni Muhtar MPd mengatakan kegiatan Rapid tes yang dilakukan merupakan dukungan dan sinergisitas antara Pemerintah Kota Baubau dan Polres Baubau dalam rangka HUT Bhayangkara ke-74

“Pemerintah kota bersinergi dengan kepolisian. Ini juga sekaligus saya mewakili Pemkot Baubau khususnya aparatur sipil negara mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke-74,” kata Roni Muhtar(**)

Pin It on Pinterest