Peliput: Iman Supa Editor : Hasrin Ilmi

RAHA,BP- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara,Brigjen Pol. Andap Budhi Revianto, SIk berepesan kepada masing masing pasangan calon bupati dan wakil bupati yang bertarung di Pilkada Muna Barat, untuk menciptakan pelaksanaan pemungutan suara yang aman dan kondusif.

Demikian diungkapkan orang nomor satu di jajaran Polda Sultra tersebut saat kunjungan kerja di Kabupaten Muna untuk melihat kesiapan pemilu di Muna Barat sekaligus bersilaturahmi dengan berbagai tokoh baik di Muna maupun Muna Barat rabu (18/01).

“Titip pesan dari masing-masing pasangan calon untuk menciptakan pelaksanaan pemungutan suara yang aman dan kondusif”ungkap Kapolda, Andap Budhi Revianto Dalam memberikan sambutannya dihadapan seluruh SKPD Muna di Rujab Bupati Muna. Rabu (18/1)

Dikatakan, kesiapan dalam pengamanan di Pilkada Muna Barat, terlebih mengindentifikasi permasalahan karena masing-masing daerah memiliki karakteristik kerawanan tersendiri. Personil dalam pengamanan pilkada di Mubar terlebih akan dibekali cara bertindak termasuk segala sesuatu yang bersifat unpredictable.

“Esensinya akan bekerjasama dengan seluruh Stakeholder meliputi TNI, Pemda maupun seluruh tokoh masyarakat, pemuda maupun elemen yang akan menjaga kamtibmas, terutama kedua paslon berkoordinasi untuk menjaga kamtibmas,”tungkapnya.

Untuk itu, kata Kapolda, dengan memegang teguh filosofi Muna yakin dan percaya apa yang diinginkan dalam pilkada akan berjalan dengan aman.

“Kalau akan ada tenggang rasa, saling menghargai, saling menghormati ditambah kedua paslon bersaudara yakin kamtibmas akan tercipta dengan aman dan proses demokrasi akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan”tambahnya.

Sementara itu, Bupati Muna Melalui Asisten III, Edi Uga, dalam sambutannya mengatakan kunjungan kerja bapak Kapolda merupakan kebahagian dapat bertatap muka dan bersilaturahmi, penyelengaraan pemerintahan dikabupaten berjalan dengan baik hal ini atas kerja sama, fokopinda, TNI/Polri serta seluruh tokoh masyarakat.

“Partisipasi masyarakat dalam mendukung terciptanya kamtibmas sangat tinggi, terlebih keberhasilan TNI/Polri dalam mendukung pesta demokrasi dalam pemilihan kepala daerah tahun 2015 lalu patut diapresiasi, semoga kerja sama terus terjalin dengan baik”kata Edi Uga.

Pj Bupati Muna Barat,Dr. Roni Yakup La Ute yang juga turut hadir dalam kunjungan Kapolda Sultra tersebut menambahkan, Arena demokrasi menjaga persatuan, tetap bersama tokoh adat dalam menjaga kamtibmas.

“Pilkada Muna Barat untuk pertama kali diselenggarakan bertekad mewujudkan demokrasi yang sukses, aman dan tertib tanpa ada keributan. Sebagai pemerintah akan memfasilitasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya sebagai mana yang diamanatkan oleh Undang-undang”jelasnya.

Dengan Kedatangan kapolda, kata Roni semoga mendapat memberikan pencerahan dalam menyukseskan pilkada yang aman dan tertib. (*)

Pin It on Pinterest