Peliput : Prasetio M

BAUBAU, BP – Hasil Pleno KPU Kota Baubau, dukungan dua Balon Independent Ibrahim Marsela-Ilyas (IBM-Ilyas) dan Nursalam -Nurmadin, tidak mecukupi batas minimal dukungan perseorangan calon Walikota dan Wakil Walikota Baubau. Hal ini berdasarkan hasil pleno KPU Kota Baubau yang dipimpinlangsung Ketua KPU Baubau Dian anggraini dan dihadiri anggota lainnya minggu (31/12).

Ketua KPU Kota Baubau, Dian Angraini saat di temui Baubau Post usai melakukan rapat pleno tingkat Kota Baubau mengatakan, KPU Kota Baubau telah melakukan raangkaian verifikasi administrasi dan faktual yang dilakukan oleh anggota PPS terkait dukungan calon perseorangan Walikota dan wakil walikota Baubau di tiap kelurahan. Berdasarkan hasil verifikasi, jumlah dukungan dua pasangan calon tersebut kurang dari jumlah syarat minimal yang telah di tetapkan.

“Masing-masing pasangan calon telah dihitung berapa syarat dokumennya yang memnuhi perayaratan dan yang tidak memenuhi persyaratan, ” kata Dian.

Dikatakan, jumlah dukungan hasil pleno KPU Kota Baubau dapat digunakan oleh kedua Balon untuk mendaftar sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota dengan persyaratan memenuhi jumlah kekurangan dukunga pada masa perbaikan nantinya. Pasangan IBM-Ilyas jimlah dukungan yang memenuhi syarat berdasarkan pleno KPU yakni 7479 dukungan, sementara Nursalam – Nurmandani yaitu 1331 dukungan.

“Jumlah persyaratan minimal yaitu, 11427 dukungan,”ujarnya.

Proses perbaikan untuk kekurangan dukungan akan dilakukan setelah pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota pada tanggal 8 hingga 10 Januati 2017. Untuk jumlah dukungan perbaikan yang harus disetor, di kali dua dari jumlah yang kurang dukungan yang kurang.

“Kalau kekurangannya 1000 maka jumlah dukungan perbaikan yang harus disetor berjumlah 2000,”tutupnya.

Untuk diketahui jumlah dukungan yang di anggapsah untuk pasangan IBM-Ilyas yakni, Betoambari : 708,
Wolio : 1815 ,
Sorawolio : 536,
Bungi : 458
, Kokalukuna :1738
, Murhum : 377,
Lea-lea : 500,
Batupoaro : 1347, sementara jumlah dukungan
Nursalam -nurmandani di tiap kecamatan yakni,
Betoambari: 54,
Wolio : 303,
Sorawolio : 134,
Bungi : 74,
Kokalukuna : 153,
Murhum : 78,
Lea-lea : 130,
Batupoaro :405.

Pin It on Pinterest