Brigjen Pol Andap Budhi: Negara Tak Boleh Kalah dengan Preman.

Laporan: Ardi Toris

eterangan Foto: Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revrianto SIK ketika berkunjung di Baubau dalam rangka memantau perayaan natal dan tahun baru 2018

BAUBAU, BP- Berbagai pengalaman pada Pilkada serentak gelombang pertama dan gelombang kedua, Polda Sultra sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk pengamanan Pilkada serentak gelombang tiga yang digelar 27 Juni 2018.


Demikian dikatakan Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revrianto SIK, Senin (25/12), ketika datang di Kota Baubau dalam rangka pengamanan natal dan perayaan tahun baru 2018. Brigjen Pol Andap Budhi mengatakan pihaknya sudah menggelar pasukan di daerah-daerah yang melalukan Pilkada serentak di Sultra dan program pengamanan lainnya seperti mantap praja diperlihatkan ke masyarakat umum bahwa aparat sudah mempersiapkan pengamanan Pilkada sejak dini, “Sudah Final persiapannya,” katanya singkat.

“Kalau lihat potensi kerawanan antar pendukung pasangan calon saat Pilkada bisa dikaji dari sisi berapa jumlah calon yang akan maju. Saya contohkan misalnya Pilkada di Kota Baubau kemungkinan ada tiga sampai empat calon yang tampil, maka potensi rusuh antar pendukung pasti ada, ” jelasnya.

Potensi kerawanan lainnya, lanjut Kapolda Sultra, bisa diidentifikasi dari sisi jumlah pemilihnya. Dari sisi ini Brigjen Pol Andap Budhi meminta agar penyelenggara Pemilu saat main jangan menampilkan data yang berbeda.

“Berbagai pengalaman masa lalu itu terkait pahitnya Pilkada tidak kita inginkan makanya perlu ada komunikasi intens baik terhadap KPU maupun kepada Bawaslu. Kerjasama dengan pihak TNI dan Pemda juga harus dieratkan misalnya Pemda harus menyiapkan anggaran pengamanan Pilkada,” tuturnya.

Meski begitu, Brigjen Pol Andap Budhi optimis pengamanan Pilkada serentak di Sultra bisa dioptimalkan karena Polda akan membackup daerah yang melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Sebagaimana diketahui Pilkada serentak gelombang ketiga tahun 2018 di Sultra, ada tiga wilayah yang melaksanakannya yaitu Pilwali Baubun, Pilbub Konawe, dan Pilwali Kolaka, ditambah dengan pemilihan Gubernur Sultra.

“Kita akan lihat nantinya seperti apa, tapi intinya Polda Sultra sudah siap membackup untuk pengamanan. Bila nanti dirasa masih kurang jumlah pengamanannya maka Mabes Polri juga siap membantu. Intinya negara tidak boleh kalah dengan preman, negara tidak boleh kalah dengan teroris,” katanya dengan nada tegas. (*)

Pin It on Pinterest