Peliput: Alyakin Editor: Hengki TA

PASARWAJO, BP – Pos pengawasan Obat dan Makanan (POM) Kota Baubau yang bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Kabag Ekonomi Buton, menyita 500 lusin minuman dalam kemasan dari berbagai merek, pada operasi jelang Natal dan Tahun baru 2018, di dua pasar tradisional Kabupaten Buton, Selasa (19/12).

500 lusin minuman dalam kemasan yang disita itu berupa, Pulpy, Ades, Aquarius, Frestea, Nutriboost, Fanta Botol, Sting Ginseng, Coffela Expresso.

Koordinator Pos POM Baubau, Irianti Amin saat ditemui beberapa awak media mengatakan, operasi pasar yang dilakukan merupakan kegiatan rutin, dengan bertujuan untuk infestasi pengawasan jelang Natal dan tahun baru 2018. Sehingga masyarakat bisa terlindungi bahaya makanan kadaluarsa.

“Prodak yang tidak layak untuk dikonsumsi sebab bisa membahayakan kesehatan pada masyarakat,” jelasnya.

Lanjutnya, jelang hari raya ke agamaan banyak pengusaha itu mendistribusikan produk makanan yang tidak layak, karena permintaan konsumen meningkat. Pada temuan itu terdapat ditiga Toko, salah satunnya merupakan Toko distributor.

“Pengusaha cukup koperatif untuk dimusnakan prodaknya, mereka juga sebenarnya mahu musnakan, tetapi kita tidak bisa begitu, sehingga prodaknya kita ambil dan kami kasih surat teguran serta pembinaan,” Ujarnya

Sementara itu, Sekertaris Dinas Perdagangan Kabupaten Buton, M Wayudin mengatakan, apa bila para pedagang melakukan hal yang sama, maka pihaknnya akan memberikan sanksi. “Saat ini kami hanya memberikan teguran dan pembinaan, dengan adanya ini sehingga tidak terulang dua kali,” kata Wahyudin

Dinas perdagangan Kabupaten Buton akan terus mengawasinya para pedagang, agar peredaran bisa diminimalisir. Sehingga barang-barang yang dijual sesuai peraturan sehingga tidak membahayakan pada konsumen. “Diharapkan pada penjualan tidak lagi melakukan ini karena akan merugikan dan barang yang dijual atau diedarkan sesuai aturan,” tutupnya.(*)

Pin It on Pinterest