Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP-Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH usai upacara peringatan Hari Pramuka yang ke-59 di pelataran rumah jabatan Walikota Baubau, Jumat (14/8), mengatakan upacara hari Pramuka yang ke-59 kali ini sangat berbeda dengan upacara tahun-tahun sebelumnya.

Walikota Baubau Dr HAS Tamrin saat menjadi inspektur upacara saat hari pramuka

Ini disebabkan oleh kondisi bangsa yang tengah dilanda wabah covid-19. Karena itu, pengurus dan anggota Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Baubau dapat mengambil peran dalam pencegahan covid-19. Peran tersebut minimal dengan memberikan contoh yang baik bagi masyarakat tentang pentingnya penerapan Protokol Kesehatan untuk memutus mata rantai penularan covid-19. hingga pelaksanaannya harus mengikuti protocol kesehatan dengan memakai Masker dan jaga jarak.

Upacara yang digelar dengan sederhana tersebut berlangsung dengan Hikmad. Hari pramuka tahun ini bertemakan “Peran Gerakan Pramuka Ikut membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan bela Negara”. Tema tersebut termuat dalam Pidato Sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang di bacakan oleh Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH Selaku Pembina KWARCAB Pramuka Baubau.

“Tema tersebut juga menjadi tema utama seluruh aktifitas dan kegiatan Gerakan Pramuka pada tahun 2020 ini. Tema ini adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana COVID-19 yang sampai saat ini masih menjadi masaalah besar bagi bangsa Indonesia, bahkan di seluruh dunia juga mengalaminya,” ujar AS Tamrin mengutip pernyataan ketua kwarnas gerakan pramuka.

Ditambahkan, peran tersebut sesungguhnya tidak hanya dilakukan oleh pengurus dan anggota KWARCAB saja. Namun seluruh gerakan Pramuka Baubau dapat ikut andil mensosialisasikan serta memberih contoh dalam menerapkan kebiasaan baru untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Sebab, dengan kesadaran dari semua pihak maka bisa dipastikan bangsa kita dapat keluar dari Pandemik.
“Dihari yang penting ini, mari pompa semangat kita dalam pengabdian kepada Masyarakat. Kita harus menyinari batin untuk peduli pada sesama, mengabdikan Dharma Bhakti untuk bangsa dan Negara khususnya di Kota Baubau”, Ungkapnya seraya menambahkan agar gerakan pramuka tetap bergema dan semakin berkembang. Pasalnya, Pramuka adalah merupakan bagian penting dalam mewujudkan Indonesia Maju.(*)

Pin It on Pinterest