Peliput: Darson

BURANGA, BP -Kabupaten Buton Utara (Butur) terus melakukan giat untuk mempromosikan produk unggulan Beras Kambowa organik. Bukan hanya di level lokal, akan tetapi juga sudah mencapai kanca nasional.

Bupati Butur Abu Hasan, Senin, 18 Desember 2017, menemui langsung Menteri Pertanian, Amran Sulaiman dengan memperkenalkan kemasan beras organik.

Berdasarkan pengakuan orang nomor satu di Butur itu, Amran Sulaiman memuji kemasan beras organik Butur yang penuh inovasi. Tak tanggung-tanggung, Arman berjanji akan mendukung sertifikasi internasional dari Amerika dan Eropa untuk beras hasil pertanian organik Butur.

“Beliau, Menteri pertanian Amran Sulaiman memuji dan mengapresiasi kemasan beras orgaik yang penuh inovasi. Selain itu, Kementerian Pertanian mengupayakan dan mendukung beras pertanian organik Butur mendapatkan sertifikasi internasional dari Amerika dan Eropa,” aku Abu Hasan.

Untuk mendukung pertanian organik Butur, Kementerian Pertanian siap membantu peralatan pertanian yang nilainya puluhan miliiar.

“Butur juga mendapatkan bantuan dari Dirjen Peternakan. Ratusan ekor sapi, kambing dan puluhan ribu ayam kampung unggulan. semua itu untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani dan peternak di Buton Utara,” terangnya.

Kepala Dinas Pertanian Butur, Yusuf mengungkapkan, beras lokal Butur terus dipromosikan. Selangkah demi selangkah, ucap dia beras Kambowa mulai menembus pasar nasional.

tahun ini, sambung mantan sekretaris BLH Butur itu pihaknya mendorong pembukaan lahan untuk padi lokal.

“Ada 400 hektar siap tanam di musim tanam Desember-Januari ini,” imbuhnya. (*)

Pin It on Pinterest