BAUBAU, BP- Puluhan dewan hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XI tingkat Kota Baubau mengikuti orientasi, di Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Baubau, pada kamis (20/02).

Orientasi tersebut dihadiri langsung Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse dan Kepala Kantor Kemeterian Agama (Kemenag) Baubau Rahman Ngkaali.

“Ini orientasi tentang kriteria bersama penilaian. Banyak hal agar kualitas MTQ kita bisa kita pertanggung jawabkan,” kata La Ode Ahmad Monianse kepada segenap awak media seusai kegiatan.

Menurut orang nomor dua di Kota Baubau itu, MTQ yang berkulitas ditentukan oleh dewan hakim. “Karena MTQ yang berkualitas itu akan menghasilkan juara yang berkualitas. Dan ini semua hanya bisa terjadi kalau dikawal hakim yang berkualitas,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Baubau Rahman Ngkaali mengaku, tujuan terselenggaranya MTQ tersebut bukan hanya untuk menjadi juara, tetapi bagaimana menujukan kecintaan kepada Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan ini lebih tepatnya ini bimtek kehakiman, biar teman-teman dewan hakim ini tahu tugasnya seperti apa. Lalu kemudian untuk menjaga hasil dari MTQ,” ujarnya.

Beberapa cabang yang akan dilombakan dalam MTQ tingkat Kota Baubau diantaranya lomba seni baca Al-Qur’an, lomba Hifdzil Quran, lomba Tafsir Quran, lomba Syarh Quran, lomba Khattil Quran, lomba Karya Tulis Ilmiah, bintang Vokalis dan Fashion Show.

Peliput: Gustam

Pin It on Pinterest