• AS tamrin: Baru kali Ini Ada Pekande-Kandea Mengelilingi Benteng Keraton

BAUBAU,BP- Acara Pekande-kandea merupakan salah satu rangkaian kegiatan pada Festival Keraton Masyarakat Adat (FKMA) Asean ke VI. Kegiatan pekandekandea kali ini berbeda pasalnya sejumlah talang yang berisi kuliner khas daerah Baubau mengelilinga Benteng Keraton yang berjarak kurang lebih 3000 meter, Rabu(20/11).

Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH mengatakan Pekandea-pekandea merupakan suatu ritual warisan budaya buton yang memiliki fungsi, salah satunya mempererat silaturahim masyarakat.

“Pekandea-kandea ini adalah suatu ritual warisan kekayaan budaya di Buton ini, yang memiliki banyak fungsi dan peran, di satu sisi merupakan media komunikasi silaturahim masyarakat di sisi lain juga menjadi wadah mempererat persaudaraan yang tadinya yang sudah agak renggang menjadi erat kembali,” kata AS Tamrin,.

Dikatakan, kali ini Pekande-kandea lebih spesifik dan lebih unik, pasalnya selain mengelilingi benteng keraton, hadir pula raja-raja, sultan dan permaisuri dari kerajaan-kerajaan yang ada di nusantara hingga Asean.

“Yang hadir menyaksikan bergabung dalam pekandea-kandea adalah orang-orang yang penting dalam hal ini raja-raja dan sultan se-nusantara bahkan se-Asean seperti dari Rusia, Korea, Malasia, dari Thailand, Filipina semua ada jadi ini sebuah keunikanya,” tuturnya.

Lanjut kata AS Tamrin, pihaknya juga mencoba berkomunikasi bersama pihak MURI untuk menyaksikan dan memberikan penilaian terhadap kegiatan pertama kalinya kegiatan pekande-kandea yang dilaksanakan mengelilingi benteng keraton dengan jarak panjang kurang lebih 3000 meter.

“Oleh sebab itu juga tidak salah ketika komunikasi kepada pihak muri merekah tertarik juga melihat dan menilai kemungkinan ini ada kepantasanya di berikan muri , karena memang baru pertamakali di adakan pekandea-kandea mengelilingi keraton ini,” ungkapnya.

Untuk jumlah talang yang di sajikan dalam kegiatan pekandea-kandea ini mencapai ribuan pasalnya, baik instansi pemerintah, vertikal dan juga BUMN dan BUMD ikut berpartisipasi dan ambil bagian dalam kegiatan ini.

“Untuk jumlah talangnya itu sekitar 1000 lebih, karena masing-masing dinas ada 10 talang yang di sediakan di tambah lagi camat-camat, lurah-lurah dan BUMN semua berkontribusi di dalam rangka meramaikan pekandea-kandea ini,” pungkasnya.

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest