Peliput: Alyakin Editor: Zaman Adha

PASARWAJO, BP – Dinas Pendidikan Kabupaten Buton telah membangun rumah baca terapung di Kali Lakua, Desa Banabungi sejak Agustus 2017, untuk meningkatkan minat baca pada anak. Namun sampai detik ini, rumah baca tersebut belum termanfaatkan oleh anak anak secara maksimal.

“Kita kan sudah menyiapkan fasilitas, tinggal dilihat masyarakat yang dimanfaatkannya,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Tohir saat dihubungi kemarin.

Untuk pemanfaatannya kata Tohir, dibutuhkan kesadaran. Menurutnya, pemerintah telah menyiapkan tinggal masyarakat yang memanfaatkan.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat segera memanfaatkan apa yang telah dibangun pemerintah daerah, terkhusus rumah baca terapung demi mencerdaskan anak-anak.

Salah satu warga Desa Banabungi Arin mengatakan, kurangnya minat baca anak karena masih kurangnya fasilitas, baik itu buku, meja dan kursi.

“Menurutku, mestinya Pemda itu dia sediakan buku baca yang banyak sehingga minat baca masyarakat itu banyak, tetapi ini buku hanya beberapa saja,” ungkapnya.

Rumah baca terapung ini diresmikan oleh Dirjen PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) RI, Haris Iskandar pada Rabu, 23 Agustus 2017. (*)

Pin It on Pinterest