Peliput: Zaman Adha — Editor: Ardi Toris

BAUBAU, BP – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Baubau, telah mengumpulkan 1.121 calon akseptor untuk menyambut Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27 pada tanggal 29 Juni 2020.

Jumlah ini telah melebihi target yang diberikan yakni 881 calon akseptor. Capaian ini berhasil diraih berkat kerja keras Petugas Lapangan KB (PLKB) Kota Baubau sebanyak 41 orang.

“Nah dari jumlah tersebut yang menjadi peserta baru KB sejumlah 525 calon akseptor. Untuk jumlah calon akseptor baru Alat Kontrasepsi jangka panjang (MKJP) sebanyak 137 orang,” jelas Kepala DPPKB Kota Baubau, Suarmawati saat ditemui, Rabu (24/06).

Kepala DPPKB Kota Baubau Suarmawati

Lanjutnya, jika semua akseptor baru sebanyak 525 terlayani, maka capaian peserta baru KB Kota Baubau berada di posisi 1700, atau 49 persen dari target akseptor baru tahun 2020 sebanyak 3.452 calon akseptor.

Di masa pandemi Covid-19, pelayanan KB hanya dilaksanakan untuk program sejuta akseptor. Itu pun tidak dilaksanakan secara serentak.

“Jadi mulai sekrang kami sudah laksanakan pelayanan. Nanti puncaknya itu tanggal 29 Juni di 17 fasilitas kesehatan dalam hal ini Puskesmasi yang ada di Kota Baubau,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat Kota Baubau, mengunjungi Puskesmas di wilayahnya masing-masing untuk mendapatkan pelayanan KB secara gratis. Terdapat enam alat kotrasepsi yang akan dilayani yakni pil, suntik, implan, alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR atau IUD), Metode Operasi wanita (MOW), dan Metode Operasi Pria (MOP).

“Sudah ada bidan yang akan siap melayani pemasangan alat kontrasepsi secara gratis,” ajaknya. (**)

Pin It on Pinterest