– Telorkan Program Unggulan dan Raih Sejumlah Prestasi
Catatan: Duriani, Wakatobi

Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi, H Arhawi SE dan Ilmiati Daud SE.MSi, telah genap 18 bulan menakhodai pemerintahan di Kabupaten Wakatobi. Meskipun dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi sejak 28 Juni 2016, namun setengah tahun pemerintahan pertama di tahun 2016 adalah melanjutkan program pendahulunya.

Duet Arhawi – Ilmiati Daud, focus dengan sejumlah program unggulannya sesuai janji saat kampanye Pilkada 2015 untuk mensejahterakan masyarakat Wakatobi ketika memasuki tahun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017. Berkat dukungan program dan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wakatobi. Sejumlah program unggulan ditelorkan.
Tepatnya, Senin 27 februari 2017 Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi melakukan lounching program unggulan untuk pertama kali yakni program Pendidikan Bersinar. Program itu diprioritaskan kepada siswa SD dan SMP yang tidak mampu. Untuk menentukan kuota sesuai ketersediaan anggaran di APBD 2017, Pemkab Wakatobi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melakukan hitungan berdasarkan standar Kartu Indonesia Pintar (KIP).
Dengan hitungan standar KIP tersebut, siswa SD dan SMP kategori tidak mampu dapat terakomodir sebanyak 1.900 siswa. Kuota itu tentu berbanding terbalik dengan data usulan, dimana data usulan siswa tidak mampu baik SD maupun SMP sebanyak 7.000 siswa.
Program unggulan lain yang ditelorkan Arhawi – Ilmiati Daud yakni Perikanan Bersinar. Bertepatan dengan 21 Maret 2017, Arhawi didampingi Ilmiati Daud, perwakilan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) serta tamu undangan lainnya melaunching program Perikanan Bersinar.
Dalam program perikanan bersinar tersebut, Arhawi – Ilmiati Daud diantaranya dengan menuntaskan program pemerintahan sebelumnya yakni menerbitkan kartu nelayan sebagai pelaksanaan program nasional sejak 2013. Dimana kartu itu merupakan integrasi dari beberapa kartu sebelumnya yang dipegang nelayan.
Arhawi – Ilmiati Daud, beberapa bulan kemudian juga launching program Kesehatan Bersinar. Program itu sebagai jawaban atas masih banyaknya masyarakat Wakatobi tidak terakomodir dalam program nasional berupa Kartu Indonesia Sehat (KIS).
Karena masih banyaknya warga tidak mampu tidak terakomodir dengan KIS, Arhawi – Ilmiati Daud mengusulkan program dengan didanai APBD ke DPRD Wakatobi. Alhasil, Tahun 2017 terdapat 8.000 warga Wakatobi bisa menikmati pengobatan gratis. Kartu itu berupa Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) atau Kesehatan Bersinar.
Untuk urusan Pariwisata sebagai program prioritas Pemkab Wakatobi. Arhawi – Ilmiati Daud, meneruskan beberapa terobosan pemerintahan sebelumnya. Alhasil, dalam kurun akhir tahun 2017 Pamkab Wakatobi berhasil menyabet beberapa penghargaan. Baik itu dari pemerintah pusat maupun lembaga dunia.
Keberhasilan itu antara lain, dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2017, pulau Tomia mendapat juara dua sebagai tempat penyelaman terpopuler. Dan Pantai Cemara Wangi-Wangi mendapat predikat obyek wisata bersih terpopuler serta Kampung Bajo masuk kategori kampong adat terpopuler.
Kemudian dalam ajang World Travel Mart (WTM) di London Inggeris 2017, Wakatobi Dive Resort (WDR) Tomia berhasil meraih peringkat tiga dunia Best Dive Centre or Resort 2017. Serta Kapal Pelagian meraih juara dua Best Live Or Board 2017 yang menjadikan Indonesia menyabet penghargaan Dive Travel Award 2017.
Dalam event lokal, Arhawi – Ilmiati daud juga berhasil membuat perputaran ekonomi meningkat dengan ditetapkannnya beberapa event sebagai kalender pariwisata Wakatobi. Diantaranya, Festival Kepulauan Tukang Besi di Binongko, Festival Pulau Tomia di Tomia, Festival Barata Kahedupa di Kaledupa. Serta penyelenggaraan kalender nasional yakni Wakatobi wave. Yang telah masuk dalam Top 100 premiere event Indonesia.
Untuk aksesibilitas, Arhawi – Ilmiati Daud beberapa waktu lalu berhasil membangun komitmen dengan ppihak penerbangan Maskapai Garuda untuk membuka rute penerbangan di Wakatobi. Dan Insya Allah, 19 Desember 2017 Maskapai Garuda akan melakukan pendaratan perdana di Bandara Matahora Wakatobi.
Dan masih banyak lagi sejumlah keberhasilan satu tahun pemerintahan Arhawi – Ilmiati Daud yang tersebar disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai tugas pokok dan fungsinya. (Duriani)

Pin It on Pinterest