BAUBAU, BP- SDN 1 Bataraguru merupakan satu-satunya lembaga pendidikan jenjang sekolah dasar yang berada di Kelurahan Palabusa. Meski jauh dari kawasan pusat Kota Baubau, namun sekolah ini sangat menjunjung tinggi nilai kedisiplinan.

Kepala SDN 1 Bataraguru Nurdin SPdSD saat ditemui diruangan kerjanya, Kamis (21/11) mengungkapkan, penegasan nilai kedisiplinan tidak hanya diperioritaskan kepada siswa. Nyatanya, anggota dewan guru beserta staf lainnya juga dituntut untuk berdisiplin.

” Alhamdulillah guru-gurunya sangat luar biasa. Kehadirannya juga baik dari sebelumnya kita apel pagi, mulai dari 06.45 Wita dan masuk di kelas jam 07.00 Wita. Sebelum pulang sekolah kita juga mengadakan apel siang,” jelasnya.

Ia juga menegaskan kepada seluruh dewan guru agar dapat mengetahui serta menguasai tugas dan fungsi seorang tenaga pengajar yaitu mengajar dan mendidik. Hal ini terus ditingkatkan, sebagaimana peranan sekolah dasar sebagai wadah awal pembentukan karakter generasi mudah.

” Sebelum mendisiplinkan murid awalnya kita melakukan pendisiplinan terhadap guru dan memberitahukan bahwa tugas utama kita adalah mengajar dan mendidik. Jadi saya tanamkan hal tersebut kepada guru, karena tingkatan sekolah dasar ialah awal dari membentuk generasi muda bangsa,” ungkapnya.

Tak hanya itu, guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, pihak sekolah juga intens melakukan pengawasan terhadap siswa.

“Apapun yang dilakukan oleh siswa selalu dalam pengawasan guru piket agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tutupnya. (#)

Peliput: Nelvida A

Pin It on Pinterest