Pantau Hasil Belajar Anak di Sekolah

BAUBAU, BP- Pantau perkembangan hasil belajar siswa di sekolah, SDN 2 Lamangga bentuk wadah Kelas Paguyuban Orang Tua.

” Di sekolah ini ada kelas baguyuban orang tua siswa, jadi setiap bulan itu mereka adakan kegiatan dan itu teruntuk semua kelas dari kelas 1 sampai 6. Kalau untuk jadwalnya diatur oleh masing-masing kelas, yang pasti satu bulan sekali,” ungkap Kepala SDN 2 Lamangga Rusli beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, dalam program paguyuban terdapat beberapa kegiatan edukasi yang dapat diikuti orang tua siswa, salah satunya Yasinan. Kendati demikian, pembentukan kelas paguyuban bertujuan agar orang tua siswa dapat memantau bagaimana perkembangan hasil belajar siswa di sekolah.

” Didalamnya itu ada Yasinan, juga bisa saling shering untuk bagaimana melihat hasil belajar peserta didik disekolah,” terangnya.

Selain itu, kata Rusli, didalam program kelas paguyuban terdapat kontribusi besar dari orang tua siswa. Artinya, kegiatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Hal itu membuktikan bahwa peran orang tua dalam memberikan dukungan tatkala siswa tengah berjuang mengenyam pendidikan guna memperoleh ilmu/pengetahuan disekolah sangatlah besar.

” Manfaatnya sangat besar, karena disana itu sudah ada kontribusi orang tua siswa. Tujuannya agar bagaimana mengupayakan anaknya dengan melihat perbandingan dari anak siswa lain melalui prestasi,” tutupnya. (*)

Peliput: Arianto W

Pin It on Pinterest