Peliput: Nelvida A — Editor: Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP- Pelaksanaan pembelajaran pada tahun ajaran baru di SDN Ngkaring-karing tetap dilangsungkan menggunakan aplikasi via WhatsApp.

Kepala SDN Ngkaring-karing I Made Sukarta SPd SAg saat dikonfirmasi wartawan Baubau Post, Minggu (12/07), mengatakan proses belajar mengajar pada tahun ajaran baru 2020/2021 disekolahnya akan dilaksanakan dalam jaringan (daring) melalui aplikasi WhatsApp bagi kelas 4,5, dan 6.

” Untuk siswa kelas tinggi biasanya guru kelas membuat video demo pembelajaran kemudian dikirim ke wa siswanya masing-masing,” ungkapnya.

I Made Sukarta SPd SAg

Sedangkan untuk siswa kelas rendahan (1,2,3) akan dilangsungkan dengan melakukan kunjungan rumah.

Hal ini dilakukan agar proses pembelajaran bagi kelas rendah dapat maksimal. Karena untuk siswa kelas rendah sangat membutuhkan pengontrolan dalam proses pembelajaran.

” Nantinya proses pembelajaran untuk kelas rendahan dilakukan oleh guru kelas yang datang berkunjung ke rumah siswa dan mengumpulkan siswa sebanyak 4 atau 5 kemudian mengajar dan tetap sesuai dengan protokol kesehatan,” terangnya.

Walaupun proses pembelajaran secara daring dianggap kurang efektif karena tidak dapat mengontrol siswa secara langsung, namun pihak sekolah tetap berupaya semaksimal mungkin dalam proses pembelajaran jarak jauh tersebut.

Dengan harapan agar siswa tetap semangat belajar walaupun tidak bertatap muka langsung dengan guru.

” Pihaknya berharap walaupun belum bisa dilakukan pembelajaran secara langsung pada tahun ajaran baru namun sekolah akan tetap semaksimal mungkin dalam proses pembelajaran secara daring,” jelasnya.

Bahkan pada saat proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2020/2021 dilangsungkan dengan tidak adanya tatap muka dengan calon siswa baru, melainkan kepala sekolah taman kanak-kanak yang datang mendaftarkan siswa di sekolah.

” Pada pelaksanaan PPDB dilakukan secara kolektif sehingga tidak ada sama sekali tatap muka dengan total siswa sebanyak 24 siswa,” tutupnya.(#)

Pin It on Pinterest