Peliput: Darson

BURANGA, BP – Sebanyak 30 peserta dari perwakilan enam kecamatan Buton Utara (Butur) mengikuti pendidikan dan latihan dasar (Diklat) Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR) yang diselenggarakan oleh pembina Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Butur, selama enam hari di aula SMPN I Kulisusu Butur, beberapa waktu lalu.
Pelatihan spesialisasi diberikan kepada calon KSR yang siap menjadi anggota Satgana (Satuan Siaga Penanggulangan Bencana). Cakupan kegiatan tersebut pada intinya diarahkan untuk melaksanakan pertolongan/bantuan dalam kesatuan unit terorganisasi di bidang Penanggulangan Bencana serta Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat.
Ketua PMI Butur, Ramadio mengatakan, PMI sebagai mitra pemerintah dimana kiprahnya selama ini telah banyak memberikan kontribusi sosial kepada masyarakat. “Sehingga PMI benar-benar dapat melaksanakan visi secara lebih profesional, cepat, aktif dan mandiri serta di cinta masyarakat,”katanya.
Disamping itu, Wakil Bupati Butur ini menjelaskan, relawan dalam organisasi PMI adalah seorang yang melaksanakan kegiatan kepalangmerahan sesuai dengan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional. Relawan akan selalu memberikan kegiatan yang mulia secara sukarela dan ikhlas tampa ada keinginan untuk mendapatkan keuntungan materi dan finansial serta tanpa ada tekanan sosial, ekonomi, maupun politik, dan selalu berusaha memberikan manfaat bagi masyarakat serta lingkungan.
Disadarinya bahwa bahaya bencana sering terjadi setiap saat dan setiap tempat, karena itu calon KSR dituntut untuk selalu siap sedia dan tanggap melakukan pertolongan pada korban bencana ketika sudah resmi bergabung di PMI.
Atas dasar itu, Ramadio mengharapakan agar para calon relawan KSR dapat menjalankan tugasnya dengan baik perlu diberikan pelatihan kepalangmerahan. Dengan pelatihan ini diharapkan agar calon anggota KSR memiliki pengetahuan, pengalaman, wawasan, dan kemampuan teknis kesiapsiagaan dalam melakukan tugas di lokasi bencana. Selain itu, dengan diklat ini diharapkan gelora semangat dan jiwa relawan akan bisa tumbuh sebagai mana modal awal gerakan PMI.(***)

Pin It on Pinterest