Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Hasil seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) setingkat eselon 2B lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi, selangkah lagi akan sampai dihadapan Bupati Wakatobi. Selanjutnya, Bupati Wakatobi akan menentukan pilihan pada calon yang dinyatakan memenuhi kompetensi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wakatobii, Muh Ilyas Abibu, mengungkapkan jika dalam waktu dekat tim panitia seleksi (pansel) akan menjemput hasil asesmen yang dilakukan Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Jakarta. “Tim pansel mungkin 12 Desember 2017 ke BKN di Jakarta mengambil hasil asesmen,” ungkap Muh Ilyas Abibu, di Wangi-Wangi Senin (11/12/2017).

Setelah hasil asesmen tiba di tim pansel lanjut Muh Ilyas Abibu, akan dilakukan rapat guna meremuskan hasil asesmen BKN. Selanjutnya diserahkan pada pimpinan untuk dilakukan penilaian secara subyektif.
“Setelah kita merumuskan hasil asesmen dimana kita melakukan perengkingan, selanjutnya kita serahkan kepada Pak Bupati,” ucap Sekda Wakatobi.

Ditanyai terkait tindak lanjut perengking yang dilakukan tim pansel hasil asesmen, Sekda Wakatobi mengatakan pihaknya hanya melakukan perengkingan sesuai hasil asesmen. Terkait rangking satu dan selanjutnya merupakan kewenangan pimpinan untuk memilih sepanjang memenuhi kompetensi.

“Jadi kita di tim pansel hanya melakukan perengkingan sesuai hasil asesmen. Dimana rangking 1 sampai 3 dinyatakan memenuhi komptensi. Setelah hasil perengkingan diserahkan ke Pak Bupati, maka Pak Bupati akan memilih rangking berapa yang bisa diajak bekerja sama dan terlebih bisa membantu menjalankan roda pemerintahan. Karena disitulah unsure subyektivitas pimpinan,” ujar Muh Ilyas Abibu.

Kata Sekda Wakatobi, sesuai prosedur dan per undang-undangan berlaku ketika pimpinan telah memilih rangking berapa sepanjang memenuhi komptensi untuk bisa bekerja sama. Selanjutnya akan diteruskan ke Komisi Aparatus Sipil Negara (KASN).

“Hasil proses itu kita akan sampaikan ke KASN bahwa tim pansel telah melakukan proses. Selanjutnya KASN hanya melihat proses itu apakah prose situ sudah sesuai peraturan perundang-undangan atau tidak. KASN tidak akan mengintervensi nilai atau hasil yang telah dihasilkan pansel,” katanya.

Muh Ilyas Abibu, menambahkan prose situ diperkirakan akan tuntas di tahun 2017. Sehingga orang-orang terpilih menduduki pimpinan disetiap unit kerja bisa berbenah menghadapi tahun anggaran 2018 nanti.
“Kita rencanakan sebelum berakhir tahun anggaran ini sudah dilantik. Supaya dia melakukan persiapan-persiapan dalam rangka pelaksanaan anggaran tahun 2018 nanti. Dan terlebih lagi agar jelas tanggungjawabnya, kalau selama ini kan tanggung jawabnya masih setengah-setengah,” pungkas Sekda Wakatobi.(*)

Pin It on Pinterest