BAUBAU, BP – Wali Kota Baubau AS Tamrin menyerahkan paket santunan Ramadan kepada fakir miskin dan kaum dhuafa. Penyerahan ini dilaksanakan di rumah jabatannya, Jumat (07/05) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dirilis Sekber Cov Baubau, orang nomor satu di Kota Baubau ini memberikan apresiasi kepada Ketua Baznas Baubau, Sahiruddin Udu yang telah menfasilitasi penyerahan bantuan ini walaupun berada di tengah pandemi covid-19. Dirinya juga meminta kepada camat dan lurah agar memastikan bantuan ini tepat sasaran dan tepat jumlah.

“Terima kasih kepada camat dan lurah yang telah datang mewakili rakyatnya. Berikutnya tinggal berkoordinasi dengan baznas untuk menyalurkan bantuan yang masing-masing kelurahan 10 KK, dengan pertimbangan yang sudah disepakati oleh lurah untuk mendaftarkan warga yang berhak menerima bantuan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Sahiruddin Udu mengungkapkan, kehadiran Badan Akmil Zakat Nasional sebagai lembaga struktural sesuai dengan undang-undang 23 tahun 2011, yaitu untuk melaksanakan sebahagian kewenangan pemerintah di bidang keagamaan khususnya di dalam pengelolaan zakat di wilayah republik Indonesia.

Dijelaskan jika dana yang dikelola Baznaz bersumber dari masyarakat berdasarkan legalitas dari surat yang dikeluarkan oleh Wali Kota Baubau setiap tahunnya. Baik itu yang berhubungan dengan Infaq, zakat dan sedekah masyarakat, maupun surat edaran seluruh ASN untuk mengeluarkan infaq, zakat dan sedekah. Dana tersebut akan dikelola untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan sesuai dengan syari’at islam.

“Alhamdulillah untuk program tahun ini total anggaran yang akan kita keluarkan sebesar Rp 105 juta. Untuk perwakilan tiap kelurahan masing-masing 10 KK, setiap KK akan mendapatkan 5 kilogram beras dan uang Rp 100 ribu, dengan total 43 kelurahan yang ada di kota Baubau,” jelasnya.

Pihaknya akan memberikan bantuan tersebut pada Senin (11/05) yang akan diantarkan ke kelurahan masing-masing. Selain itu Sahiruddin Udu menyebut, jika pihaknya telah disinfektan ke 26 mesjid di Kota Baubau.

Peliput: Zaman Adha

Pin It on Pinterest