BAUBAU, BP- Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kota Baubau kini usai. Dari ribuan peserta yang melamar, 939 orang berhasil menaklukan Passing Grade.

Tes tersebut digelar selama tiga hari sejak kamis hingga sabtu kemarin (08/02) di Gedung Maedani. Hari pertama dan kedua terdiri dari empat sesi, hari ketiga lima sesi. Tiap sesinya terdiri dari 200 peserta.

Tiap harinya, peserta yang tes berjumlah 800 orang, dimana untuk hari pertama peserta yang lulus passing grade berjumlah 274 orang, hari kedua 280 orang, dan hari ketiga 385 orang, sehingga total keseluruhan 939 orang.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Baubau Abdul Rahman menyebut, untuk sementara, peserta yang mengikuti test di hari pertama lalu memecahkan rekor nilai SKD tertinggi di Sulawesi tenggara yakni 422 poin.

Dijeladkannya, regulasi seleksi CPNS tahun ini masih sama dengan tahun lalu, dimana peserta yang lulus passing grade akan direngking kembali tiga teratas untuk selanjutnya mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang diperkirakan digelar bulan depan.

Dengan demikian bisa disimpulkan, peserta yang lulus passing grade belum menjamin lolos ke tahap selanjutnya. “Masih sama aturannya, tidak ada berubahan,” ungkap Abdul Rahman yang saat itu diwawancarai di lokasi tes.

Pantauan media ini, ratusan pelamar nampak antusias mengikuti tes tersebut, mulai dari hari pertama hingga terkahir. Dan di luar ruangan tes, keramaian penonton menyaksilan melalui layar televisi nilai para peserta yang sedang ujian.

Untuk diketahui, jumlah pelamar di instasi Pemkot Baubau sebanyak 2549 orang, dengan memperebutkan 87 formasi yang dibuka.

Meski begitu, lanjut Abdul Rahman, pihaknya tetap meminta arahan selanjutnya dari pihak BKN, “Kan hasil tersnya sudah ada, banyak yang lulus passing grade. Berbeda dengan tahun lalu, banyak yang tidak lulus passing grade sehingga ada kebijakan perubahan aturan. Kalalu kali ini banyak yang lulus passing grade, jadi kita masih minta petunjuk lagi dari pihak BKN,” tutupnya.

Peliput: Gustam

Pin It on Pinterest