LABUNGKARI, BP – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dalam pengadaan alat berat menyisahkan tiga alat berat yang belum terpenuhi dikarenakan ketidakcukupan anggaran.

“Untuk pengadaan alat berat tahun ini dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan anggaran, sisa tiga alat yang belum dimiliki yakni finisher, tandem roller dan bulldozer,” beber Kepala Bidang Perencanaan dan Evaluasi Aminuddin saat dikonfirmasi diruang kerjanya pada selasa (19/12).

Dibeberkan, pada tahun depan pihaknya telah merencanakan pengadaan tandem roller yang mencapai harga satu miliar rupiah tapi nanti dilihat kebutuhan anggarannya mencukupi, serta pengadaan ini tidak menuntut kemungkinan akan langsung diadakan semuanya.

“Kalau anggaran perubahan memungkinkan bisa saja kita adakan semuanya, tetapi kalau tidak, semua itu tetap akan disesuaikan lagi dengan anggaran,” beber Aminuddin.

Sekedar diketahui, adapun alat berat yang telah ada dan dimiliki oleh Dinas PUPR Buteng adalah cordil, excavator, motor grader, vibrator, tyre roller dan mobil dua unit sisa tiga alat yang akan dibutuhkan yakni, Pertama, Bulldozer yang berfungsi sebagai alat pembersih lapangan, biasanya dengan cara menggusur material agar lapangan siap digunakan untuk proyek. Kedua Finisher, alat ini berperan untuk menghamparkan aspal yang dituangkan dari truck, dan meratakan lapisannya dan ketiga, Tandem Roller, Alat untuk memadatkan timbunan atau tanah yang akan diratakan sehingga tanah atau timbunan menjadi padat.(*)

Pin It on Pinterest