BAUBAU, BP- Kabar baik untuk para Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kota Baubau. Mereka akan diberikan bantuan dari APBN tahun ini.

Kepala Seksi Penanganan Kemiskinan Dinsos Kota Baubau, Afris SSos menyebut, bantuan tersebut bernama KUBE APBN. Nominalnya, menunggu petunjuk Pemerintah Pusat.

“Nominalnya kita belum tahu juga, kalau bukan Rp 20 juta Rp 30 juta per kelompok penerima,” ungkapnya kepada Baubau Post belum lama ini.

KUBE di Kota Baubau selama ini, kata Afris, memperoleh bantuan dari APBD. Bedanya, kalau APBD, bantuannya berupa bahan atau alat yang dibutuhkan, sementara APBN dalam bentuk uang.

“Kita kan ada KUBE, namanya KUBE APBD, daerah yang biayai, itu berupa bahan bukan uang, atau alat apa yang dibutuhkan oleh kelompok itu. Kalau dari pusat ini, dia uang, langsung di rekeningnya penerima, jadi ada pendampingnya,” katanya.

Di akhir bulan nanti, beberapa orang yang ditunjuk oleh Dinas Sosial (Dinsos) diutus ke Jakarta untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) KUBE APBN.

“Akhir bulan nanti pendampingnya pergi bimtek di Jakarta, untuk mendampingi program itu. Program tersebut sudah pernah kita sebelumnya tahun 2014, dan di tahun 2020 ini baru kita dapat lagi,” tuturnya.

Untuk diketahui, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Baubau mencapai 900 KPM, yang terbagi menjadi 90 KUBE. (*)

Peliput: Gustam

Pin It on Pinterest