LABUNGKARI, BP – Masih hadir berita terkait keindahan yang ditawarkan daerah Buton Tengah, dimana banyak tempat wisata yang dapat dinikmati oleh masyarakat, apalagi destinasi-destinasi wisata yang pada daerah tersebut masih terbilang alami.

Salah satunya adalah Danau Wampiho-mpiho yang terletak di Desa Lagili, yang menarwarkan keindahan latar belakang bagi mereka yang gemar mengabadikan momen tertentu.

Vita, salah seorang pengunjung mengatakan, danau tersebut memiliki keindahan yang alamiah, serta airnya yang sangat jernih dan sejuk. Dianggapnya, Danau Wampiho-mpiho sangat cocok bagi mereka yang ingin berlibur, apalagi bersama sanak saudara.

“Danau ini sangat indah airnya juga jernih, apa lagi pemandangannya kalau dilihat masih alami, saya sangat senang kesini karena bisa menghilangkan letih selama bekerja, tempat ini memang cocok dipakai untuk liburan kalau ingin rekreasi apa lagi bareng keluarga,” kata Vita kepada Baubau Post.

Romi, pengunjung danau lainnya asal Baubau juga mengatakan, Danau Wampiho-mpiho dinilai adalah tempat wisata yang kealamiannya masih terjaga, dilihat dari lokasi serta tempatnya yang bersih dan sangat alami.

“Danau ini kalau dilihat masih alami ini berarti masih dijaga kelestariannya sama warga disini, dan ini bagus sekali karena mereka mau mempertahankan kealamian tempat wisatanya sendri. Apa lagi kalau kita lihat kita tidak akan menemukan sampah disini,” jelas Romi.

Dilanjutkan, Romi sebagai penggiat tempat-tempat wisata juga berharap agar pemerintah dan masyarakat setempat terutama para pengunjung danau, secara bersama-sama menjaga kelestarian tempat tersebut, mengingat tidak sedikit masyarakat yang akan berkunjung ketempat-tempat wisata yang kealamiannya masih terjaga.

Ditambahkan kata Romi, jarak tempuh menuju danau tersebut tidaklah sulit dan memakan waktu yang sangat cepat, dengan menggunakan perahu yang menjadi jasa penghantar oleh masyarakat setempat.

“Kalau jarak yang harus ditempuh ke Desa Lagili cukup cepat, naik katintin (sejenis perahu kecil, red.) sepuluh menitan sudah sampai. Terus menuju danau itu (Wampiho-mpiho) biar jalan kaki bisa sampai lima menitan, jadi tidak perlu repot-repot kalau mau bawa barang yang banyak karena jaraknya yang dekat,” tutupnya.(#)

Pin It on Pinterest