Peliput: Nelvida A — Editor: Ardi

BAUBAU, BP- Tanaman padi sawah yang sudah siap di panen harus disegerakan, apabila tidak padi tersebut akan tumbuh kembali.

Kondisi cuaca yang kurang stabil, dapat membuat tanaman padi kelebihan air. Jika terus menerus terendam air maka kondisi seperti ini, tidak bagus untuk tanaman tersebut. Hal ini dapat memicu terjadinya pertumbuhan kembali akibat tanaman yang sudah siap dipanen namun harus tertunda.

” Kalau terlambat panen malah sebenarnya disaat musim yang kurang stabil seperti ini terus-menerus kena hujan maka padinya tidak akan bisa dipakai,”jelas Kepala Dinas Pertanian Kota Baubau Muhammad Rais, saat dikonfirmasi beberapa waktu yang lalu.

Bukan hanya itu, bahkan jika kelebihan kandungan air maka kualitas beras pun jadi tidak bagus. Sehingga padi harus disegerakan panen sesuai dengan waktu tanamnya.

” Kualitas beras juga kurang bagus, jika terlambat panen,” jelasnya.

Dengan demikian petani harus sigap dalam mencari tenaga kerja agar segera dilakukan panen dimasa cuaca yang tidak stabil saat ini. Agar petani tidak merugi besar.

” Olehnya itu, untuk saat ini masyarakat terpaksa harus memburu untuk menyelesaikan panen agar padi dapat digunakan,” tutup Rais.(#)

Pin It on Pinterest