Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP – 11 partai kembalikan berkas perbaikan administrasi Partai Politik (Parpol) dan tiga parpol tidak kembalikan berkas perbaikan, yang sebelumnya dikembalikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau untuk di perbaiki kembali.

Divisi Hukum KPU Kota Baubau, Edi Sabara saat di temui oleh Babau Post beberapa waktu lalu mengatakan, sampai dengan tanggal 1 Desember 2017 semua partai sudah mengembalikan perbaikan berkas administrasi Parpol. Dari 14 partai yang mengembalikan berkas, 3 tiga partai menggunakan data lama.

“Tidak ada masalah jika menggunakan data lama, dan kami himbau mereka untuk membuat surat pernyataan bahwa mereka tidak memperbaiki,”kata Edi.

Tiga partai yang menggunakan data lama yakni partai, Nasdem, Demokrat dan Gerindra. Batas minimal yang ditetapkan oleh KPU Kota Baubau berjumlah 154 keanggotaan tiap partai.

KPU akan meneliti hasil perbaikan berkas administrasi Parpol hingga tanggal 11 Desember 2017 dan tanggal 12 hingga 15 Desember KPU Kota Baubau akan menyerahkan ke KPU Propinsi dan Pimpinan Parpol untuk di verifikasi secara faktual oleh KPU Kota Baubau. KPU Kota Baubau akan melakukan Verifikasi faktual secara acak kepada anggota Parpol tersebut, dan jika hasil verifikasi tidak mencukupi batas minimal keanggotaan, KPU kembali memberikan tahapan perbaikan ke Parpol tersebut.

Pin It on Pinterest