Peliput : Alan

LABUNGKARI, BP – Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Buton Tengah sudah memetakan beberapa instansi yang rawan pungli.

Hal ini disampaikan Sekretaris Tim Saber Pungli Buteng, Ir Maiynu kepada Baubau Post beberapa hari yang lalu usai melakukan sosialisasi Saber Pungli di Kecamatan Mawasangka.

Instansi tersebut, kata Maiynu adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan serta pemerintah desa. “Instansi ini yang rawan Pungli, karena setiap kegiatannya bersentuhan langsung dengan pelayanan masyarakat, tapi tidak menutup kemungkinan dengan dinas lainnya,” kata Maiynu.

Ditegaskan, pihaknya saat ini lebih mengedepankan proses pencegahan. Namun, dirinya tidak segan-segan melakukan penyelidikan, jika menemukan adanya indikasi pungli.

“Sekarang saja, sudah ada 8 laporan masuk di kita dan sementara kita proses penyelidikan,” beber Maiynu yang juga sebagai Kepala Inspektorat Buteng.

Untuk itu, Maiynu sangat berharap dengan dilakukannya sosialisasi pencegahan pungli kepada masyarakat seperti ini, selain untuk memberitahukan serta menginformasikan kepada masyarakat, kegiatan ini juga bertujuan untuk merangsang partisipasi masyarakat. “Kami berharap atas peran aktif masyarakat dalam melapor setiap kegiatan yang berbau pungli,” pungkas Maiynu.

Sekedar diketahui, Saber Pungli adalah program pemerintah dalam melaksanakan reformasi di bidang hukum, dengan maksud dan tujuan agar menjadikan pemerintah yang bersih, jujur, dan adil dengan mekanisme Peraturan Presiden Nomor 87 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.(*)

Pin It on Pinterest