Peliiputt: Prasetio M Editor: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Jelang pergantian tahun, TNI/Polri melakukan apel pengamanan di pelataran Pantai Kamali Kota Baubau, Minggu (31/12). Hal ini guna menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat Kota Baubau yang meramaikan malam pergantian tahun.

Kapolres Baubau AKBP Daniel Widya Mucharam SIk MPA dalam instruksinya mengingatkan seluruh personil pengamanan selain menjaga keamanan, juga wajib mewaspadai cuaca buruk yang diperkirakan akan melanda wilayah Sulawesi Tengara. Pasalnya ada musibah yang menimpa salah satu personil kepolisian akibat cuaca buruk.

“Hal ini kita harus waspadai apabila terjadi perubahan cuaca dengan cepat, maka rekan-rekan sudah tahu apa yang harus dilakukan, yaitu utamakan keselamatan dan pertolongan kepada masyarakat,” kata Daniel.

Dikatakan, juga untuk malam pergantian tahun ada beberapa ancaman yang harus diwaspadai seperti, ancaman yang berkaitan dengan aksi terorisme. Untuk menaggulangi hal tersebut agar anggota yang melaksanakan tugas tidak memisahkan diri dari kelompoknya.

Untuk anggota yang diberikan tugas mobiling, harus mampu melaksanakan tugas dengan baik, jika tidak perlu menggunakan tindakan respresif, maka cukup dilakukan dengan tindakan pengimbauan. “Namun jika itu tindakan berbahaya, lakukan tindakan respresif, jangan ragu dan lakukan,” tegasnya.

Untuk anggota yang melakukan penutupan arus lalulintas di beberapa titik, untuk tidak meniggalkan tempat hingga selesainya kegiatan masyarakat. kepada anggota Satlantas dan Dinas Perhubungan untuk memperdayakan trafikun dan barier agar tugas lebih mudah.

Selanjutnya, bagi anggota yang diberikan tugas untuk mengamankan Mapolres, Makodim, Mapolsek dan Koramil untuk meningkatkan kewaspadaan yang tinggi. Pemeriksaan yang ketat perlu dilakukan.

“Setiap orang yang keluar masuk ditanyai identitasnya, dilihat KTPnya, diperiksa tasnya, digeledah badannya, sehingga kita tidak kecolongan,” imbuhnya.

Pantauan media ini, Apel pengamanan malam tahun baru diikuti oleh anggota Polres Baubau, Kodim 1413/Buton, Satpol PP dan Dinas Perhubungan, pukul 16.00 wita. (*)

Pin It on Pinterest