BAUBAU, BP – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau mencatat, terdapat dua Traffic Light (lampu lalu lintas) di dua simpangan empat sudah tidak aktif lagi. Padamnya lampu lalu lintas ini sudah berlangsung cukup lama.

Kabid Prasarana Dishub Baubau Nasrun menyebut, dua simpangan tersebut yakni di simpang empat lapangan lembah hijau dan simpangan empat dekat SDN 1 Bone-bone.

“Pemeliharaan lampu lalu lintas untuk yang bermasalah, kalau untuk yang di lembah hijau perlu kajian lagi. Sementara untuk yang di bone-bone memang tidak memungkinkan untuk lampu lalu lintas karena pendakian,” katanya saat ditemui pekan lalu.

Sementara untuk pemeliharaan lampu lalu lintas di simpangan empat lainnya yang sudah cukup uzur akan dilakukan. Beberapa lampu lalu lintas ada yang sudah dari tahun 2006.

“Ada power supply yang rusak, sementara kami pesankan bahannya, di tahun ini ada lampu lalu lintas lainnya juga yang mesinnya itu dari sekitar tahun 2006, rencananya kami akan rekondisi,” jelasnya.

Nasrun menambahkan, pihaknya belum akan melakukan penambahan lampu lalu lintas di Kota Baubau. Pasalnya volume kendaraan di Kota Baubau belum begitu padat.

“Kemarin pernah ada kunjungan dari kementerian, mereka sempat ambil kajian simpangan, jadi untuk penambahan lampu lalu lintas belum ada karena volume kendaraan yang lewat masih sedikit. Sebenarnya kami sudah ancang-ancang di simpangan kantor Camat Betoambari, hanya setelah dikaji belum bisa,” urainya. (**)

Peliput: Zaman Adha

Pin It on Pinterest